Siap Saingi Tesla, Xpeng Akan Luncurkan 2 Kendaraan Listrik Tahun Depan di China

Siap Saingi Tesla, Xpeng Akan Luncurkan 2 Kendaraan Listrik Tahun Depan di China

Pabrikan asal China Xpeng siap menjadi pesaing Tesla untuk model kendaraan listrik. Rencananya, pabrikan akan meluncurkan dua kendaraan baru yang resmi meluncur tahun depan. 

Seperti diketahui saat ini Xpeng memiliki empat kendaraan andalan yang dijual, seperti P7, P5, G3 sport dan SUV G9 yang akan dikirimkan ke pelanggan pada bulan Oktober mendatang. 

Peluncuran model baru nantinya dari Xpeng bukan tanpa alasan, salah satunya untuk mendapatkan pangsa pasar di negri sendiri yang kini tumbuh cepat. Namun, sampai saat ini pabrikan belum merilis nama atau detail terhadap model baru yang dihadirkan. 

Tetapi Presiden Xpeng Brian Gu memberikan sepotong informasi terkait model kendaraan yang siap saingi Tesla ini. Seperti salah satu model akan berada di kelas B dan C. Pengertian kelas tersebut mengacu pada ukuran kendaraan, seperti model P7 yang masuk kelas B sedangkan SUV G9 masuk dalam kelas C.

"Sebenarnya akan menargetkan segmen pasar yang lebih besar dari model P7 dan siap menjadi pesaing kuat untuk model Tesla Y," tuturnya, dikutip dari laman CNBC

Gu mengatakan model kendaraan listrik yang nantinya akan hadir tidak akan berbentuk sedan, tetapi ia tak membeberkan lebih detail apa yang akan diluncurkan. 

 "Jadi ada kanibalisasi minimal dari posisi model dan jajaran kami," kata Gu.

Seperti diketahui, Tesla sendiri laris manis di China, berdasarkan data penjualan yang dirilis oleh China Passenger Car Association (CPCA) berdasarkan periode Maret 2022, penjualan sangat signifikan. 

Melalui data yang dirilis, Tesla, sukses menjual sebanyak 65.814 unit atau hampir mencetak peningkatan ganda dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Artinya, terdapat kenaikan dari tahun sebelumnya 2021 yang tercatat 35.468 unit dengan performa ekspor yang dihasilkan, mereka hanya melaporkan sebanyak 60 unit kendaraan saja.

Tesla sendiri memang menjadi yang terdepan untuk kapasitas produksi mobil listrik, bahkan pabrik pertama Tesla di luar Amerika Serikat ini mampu memproduksi 450.000 unit.

Maka tak heran banyak pabrikan yang siap menerkam Tesla untuk pasar kendaraan listrik di dunia, hal ini juga berkaitan dengan tujuan utama mencapai udara yang lebih baik. 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com