Ramai Isu Hacker Bjorka, Apakah Mobil Listrik Bisa Diretas?

Ramai Isu Hacker Bjorka, Apakah Mobil Listrik Bisa Diretas?

Belakangan ini tengah ramai isu yang dihebohkan oleh aksi hacker Bjorka. Hacker yang yang diduga meretas situs Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Perkembangan teknologi internet sendiri juga turut mendorong perubahan pada mobil modern, namun apakah mobil listrik bisa diretas?

Pengamat otomotif dan dosen Institut Teknologi Bandung (ITB), Yannes Martinus Pasaribu mengatakan secara teknis sangat bisa, karena kendaraan listrik ini menggunakan sistem kontrol dan engine hingga car electronic management yang terinterkoneksi dengan internet.

"Permasalahan serius dari sistem yang menggunakan jejaring informasi di luar kendaraan ini berpotensi dapat dihack yang berujung pada hilangnya aspek safety dan security dari kendaraan," kata Yannes saat dihubungi OtoDriver, Selasa, (13/9).

Ia juga menambahkan bahwa dalam mobil listrik juga terdapat sistem yang dapat menyediakan satu titik akses untuk ikut sistem back-end pihak ketiga untuk menghubungkan stasiun pengisian daya kendaran listrik dengan pengawasan jarak jauh.

"Jangan lupa bahwa smart system dari kendaraan listrik kita akan terkoneksi dengan smartphone kita," ujar Yannes.

Perlu diketahui, pada mobil modern sekarang sudah terdapat Internet of Things (IoV). Dengan teknologi ini, tentu memungkinkan kendaraan melakukan pertukaran informasi, sehingga bisa lebih efisien dan keamanan dalam infrastruktur jaringan lebih terjamin.

IoV sendiri merupakan bentuk evolusi yang terjadi dari sebuah teknologi yang lama atau konvensional. Evolusi yang terjadi memungkinkan untuk penggunaan sistem GPS, rem, sensor dan sistem entertainment. 

(Mobil dengan sistem IoV)

Teknologi ini menjadi sebuah platform dari sistem sensor dalam mobil yang tugasnya untuk menyerap berbagai informasi yang berasal dari lingkungan, pengemudi dan kendaraan yang lain. Selain itu, pemilik mobil juga dapat menyalakan untuk memanaskan mobil terlebih dahulu melalui smartphone.

Sebelumnya juga sudah terdapat kasus peretas terhadap mobil listrik Tesla, di mana seorang remaja asal Jerman menemukan celah dalam keamanan mobil Tesla. Remaja tersebut sukses meretas mobil listrik Tesla untuk mengoperasikan pintu, lampu, sampai menyetel lagu, dan melacak lokasi.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com