Ferrari Purosangue Meluncur, Kami Menyaksikan Langsung

Penulis: Fitra Eri
Rabu, 14 September 2022 11:05 WIB
Berita - Ferrari Purosangue Meluncur, Kami Menyaksikan Langsung
Bagikan ke:
Harga base modelnya lebih mahal dari 296 GTB

Tepat 14 September 2022 pukul 00:00 WIB, Ferrari meluncurkan mobil terbaru mereka yang selama ini digadang merupakan sebuah SUV yang akan melawan Lamborghini Urus atau Porsche Cayenne. Kami pun hadir langsung di Maranello, Italia untuk bertemu langsung mobil tersebut.

Ternyata Ferrari enggan menyebut Purosangue sebagai sebuah SUV. Mereka menyebutnya sebagai "4-Seater, 4-Door Sports Car". Sosoknya memang tak setinggi SUV pada umumnya, tapi memang ini adalah Ferrari pertama yang berkonfigurasi seperti itu.

Mesin yang digunakan juga bukan khas SUV modern yang biasanya memakai mesin turbo atau elektrifikasi. Ferrari dengan radikal justru memilih unit 6.500 cc V12 N/A bertenaga 765 hp dan torsi 716 Nm. "Purosangue artinya thoroughbred (ras murni), jadi dengan mesin ini kami membuatnya murni sebuah Ferrari dengan lengkingan mesin yang merdu," ucap Gianmaria Fulgenzi, Chief Product Development Officer saat kami tanya mengenai pemilihan mesin tersebut.

Dengan tenaga sebesar itu, penggerak AWD dan bodi aerodinamis, Purosangue bisa menuntaskan akselerasi 0-100 km/jam dalam 3,3 detik dan top speed mencapai 310 km/jam. Andaikan Ferrari mau mobil ini disebut SUV, artinya ia akan menjadi SUV tercepat di dunia saat ini. Tapi mereka tetap bersikukuh kalau Purosangue adalah sports car.

Banyak sekali hal unik dari Purosangue. Paling mencolok adalah bukaan pintu "Welcome Door" yang mirip Rolls-Royce Phantom. Ini memudahkan akses sekaligus membuat tampilannya flamboyan. Pintu belakangnya juga dilengkapi motor elektrik yang artinya memungkinkan penumpang buka tutup pintu hanya dengan menekan tombol.

Lantas, Ferrari meletakkan mesin besar V12 itu di depan, akan tetapi posisinya dimundurkan maksimal demi distribusi bobot optimal. Karena mesinnya mundur, girboks pun diletakkan di bagian belakang. Hal tersebut membuat distribusi bobot Purosangue menjadi 49% depan dan 51% belakang.

Satu fitur lagi yang unik di Purosangue adalah penerapan suspensi aktif elektronik. Jadi ketika mobil menikung tajam, suspensi akan secara aktif mengompensasi kelimbungan mobil secara sigap. Alhasil, kelimbungan Purosangue bisa direduksi hingga 50 persen dan menghasilkan pengendalian layaknya supercar.

Foto - Ferrari Purosangue Meluncur, Kami Menyaksikan Langsung

Foto - Ferrari Purosangue Meluncur, Kami Menyaksikan Langsung

Ferrari akan segera memproduksi Purosangue di pabrik mereka di Maranello, Italia. Pengiriman pertama ke konsumen ditargetkan kuartal kedua 2023 dengan harga base model 390 ribu Euro. Itu artinya sedikit di atas Ferrari 296 GTB. Diprediksi di Indonesia bisa mencapai di atas Rp 10 miliar tergantung option yang dipilih.

Untuk video lebih detail mengenai Purosangue, Anda juga bisa cek kanal Youtube Oto Driver.

Foto - Ferrari Purosangue Meluncur, Kami Menyaksikan Langsung

#ferrari #purosangue #maranello

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.