Pertamina Dukung Balap Formula E Dengan BBM Diesel

Pertamina Dukung Balap Formula E Dengan BBM Diesel

PT Pertamina (Persero) turut mendukung penyelenggaraan balap mobil listrik Formula E di Jakarta E-Prix 2022, pada Sabtu (4/6) lalu.  Keterlibatan perusahaan plat merah ini adalah untuk mengisi genset diesel yang digunakan untuk proses isi ulang (charging) baterai untuk mobil-mobil listrik yang sedang bertanding.

Genset yang digunakan untuk keperluan charging ini cukup istimewa lantaran menggunakan bahan bakar diesel ramah lingkungan yakni Pertamina Renewable Diesel  yang tidak mengandung bahan bakar fosil.

Dikutip dari Antaranews, Diesel RD sepenuhnya menggunakan bahan baku nabati alias bahan bakar terbarukan.

"Gensetnya menggunakan yang bahan bakar nabati yang tentunya renewable (energi terbarukan), yang dibuat dengan menggunakan katalis buatan dalam negeri untuk mempercepat proses pembuatannya dan listrik yang dihasilkan oleh genset digunakan untuk mengisi ulang bateri mobil listrik. Dari proses awal sampai akhir renewable," kata  Iman Kartolaksono Reksowardojo, pakar dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam keterangan resminya, di Jakarta Senin.

Menurut Iman, teknologi yang digunakan pada Pertamina RD telah berhasil menjawab kebutuhan suplai bahan bakar non-fosil untuk beberapa waktu ke depan, seiring dengan semakin menipisnya stok bahan bakar fosil yang notabene merupakan sumber energi tak terbarukan (unrenewable).

Iman menambahkan bahwa Diesel RD ini juga menggunakan katalis diesel Merah Putih yang juga merupakan karya anak bangsa.
"Artinya secara penguasaan dan ketersediaan teknologi, (pemakaian Pertamina RD) ini membuktikan bahwa kita sudah semakin siap untuk menuju target zero emission seperti yang kita inginkan selama ini," tutup Iman.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com