Mengenal Lebih Dalam Teknologi TSS dan T Intouch All New Veloz

Mengenal Lebih Dalam Teknologi TSS dan T Intouch All New Veloz

Sebagai market leader di Indonesia, Toyota ingin menunjukkan komitmennya dalam menghadirkan mobilitas yang aman, nyaman dan mudah.

Satu lompatan besar yang dilakukan Three Ovals ini adalah menyematkan fitur canggih Toyota Safety Sense (TSS) dan teknologi berbasis telematika T Intouch pada MPV barunya, All New Veloz.

Dikatakan sebagai lompatan besar tak lebih dikarenakan teknologi ini sebelumnya hanya dapat dinikmati pada mobil-mobil kelas premium.

“Toyota Safety Sense (TSS) dan T Intouch merupakah dua teknologi canggih yang menjadi wujud dari komitmen Toyota.  Jika sebelumnya hanya ditemui pada model premium saja, namun kini dapat ditemui pada All New Veloz,” tutur Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) dalam keterangan resminya.

Untuk lebih mengenalkan keunggulan kinerja fitur modern ini, maka digelar sejumlah aktifitas untuk lebih mengenalkan fitur ini.

Salah satunya adalah menggelar media experience bertajuk Safe Jakarta pada Selasa hingga Kamis (28-30/06). Pada kesempatan ini para pewarta ini diperkenalkan lebih jauh pada kedua teknologi tersebut dan mempraktekannya secara langsung dengan menggunakan All New Veloz.

Mengawali media experience ini, para jurnalis dipersilakan mencoba teknologi T Intouch yang dapat dimanfaatkan melalui aplikasi mToyota. Fitur Find My Car dipakai untuk mencari mobil yang akan digunakan, di mana para peserta diarahkan menuju ke lokasi parkir All New Veloz sesuai titik yang ada di aplikasi mToyota.

Fitur ini sangat berguna untuk membantu menemukan kendaraan yang parkir di area parkir mal atau perkantoran yang padat. Setelah berhasil menemukan mobil yang akan dipakai, jurnalis melakukan scan pada barcode yang ditampilkan oleh Rear Seat Entertainment untuk mendapatkan informasi dan petunjuk arah menuju lokasi berikutnya.

Selanjutnya beralih ke Toyota Safety Sense (TSS), di mana fitur yang dirancang untuk mendukung kewaspadaan pengemudi  dan menjanjikan mobilitas yang lebih aman, baik ketika melewati jalan dengan lalu lintas yang padat maupun saat cruising di jalan bebas hambatan.

TSS dirancang untuk mendukung kewaspadaan pengemudi, membantu mengambil keputusan yang tepat, dan mengoperasikan kendaraan pada rentang kecepatan yang luas.

Teknologi ini berfokus pada 3 hal yakni mencegah atau mengurangi dampak tabrakan dari depan, menjaga pengemudi tetap berada di lajurnya, dan meningkatkan keselamatan selama mengemudi.

Bagian dari fitur TSS yakni Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention dapat langsung dicicipi saat All New Veloz melaju di atas kecepatan 60km/jam

Fitur ini memberikan feedback berupa alarm peringatan kepada pengemud All New Veloz jika berpindah lajur secara tidak sengaja. Sedangkan fitur Lane Departure Prevention akan membantu memberikan koreksi ringan terhadap kemudi jika pengemudi belum juga mengubah arah setelah warning diberikan oleh sistem. Fitur ini membantu menjaga kewaspadaan pengemudi.

Bagian dari TSS lainnya yakni Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking pun dilakukan pengetesan. Fitur ini dirancang untuk membantu mengurangi risiko tabrakan dengan kendaraan lain di depan. Melaju dalam kecepatan 20 km/jam, di ujung lintasan terdapat tiruan bagian belakang mobil yang akan membuat fitur tersebut beroperasi dan membantu menghentikan mobil guna mencegah kecelakaan.

Selanjutnya jurnalis dapat mencoba fitur Pedal Missoperation Control yang membantu mengurangi potensi kecelakaan akibat salah menginjak pedal gas. Fitur ini beroperasi ketika pedal gas diinjak dalam-dalam padahal tidak ada kebutuhan untuk itu, dengan cara mengurangi distribusi tenaga mesin sehingga mobil tetap dapat dikendalikan dengan aman.

Setelah itu, jurnalis dapat mencoba Front Departure Alert yang akan memberikan peringatan yang dapat didengar ketika mobil di depan telah bergerak menjauh seperti pada saat beranjak dari lampu merah.

Untuk membuktikan keunggulan teknologi All New Veloz, maka sebuah tantangan pun dilayangkan. Melakukan parkir mundur tanpa boleh melihat kaca spion dan hanya mengandalkan All Round View Monitor sebagai alat bantu parkir.

Fitur keselamatan canggih lainnya seperti Rear Crossing Traffic Alert (RCTA) yang melakukan pendeteksian kendaraan lain di belakang untuk kemudian memberikan peringatan kepada pengemudi ketika mundur juga menjadi bagian yang diujikan. Termasuk fitur  Blind Spot Monitor (BSM) yang memberikan peringatan kepada pengemudi ketika ada kendaraan berada di area blind spot untuk membantu menentukan arah manuver kendaraan.

Tak ketinggalan, fitur Android Auto yang merupakan bagian dari Advanced Smartphone Connectivity turut dicoba. Dengan fitur ini pengguna All New Veloz, untuk bernyanyi bersama dan membuat video carpool karaoke.

Selanjutnya Toyota menunjukkan fitur canggih lainnya yakni Geofencing yang merupakan bagian dari teknologi T Intouch di aplikasi mToyota. Teknologi Geofencing sendiri dapat dimanfaatkan untuk memantau obyek bergerak seperti kendaraan dengan menggunakan GPS dan memberikan peringatan ketika kendaraan berada di luar zona yang telah ditetapkan.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com