Lexus Serius Kembangkan Transmisi Manual Untuk EV

Lexus Serius Kembangkan Transmisi Manual Untuk EV

Transmisi manual disebut-sebut bakal memasuki masa senja dan bahkan akan hilang dari peredaran banyak brand dunia. Terlebih di era mobil listrik yang hadir lebih cepat dari banyak yang diperkirakan orang sebelumnya.

Akan tetapi hal itu sepertinya tidak semua orang terlalu tertarik dengan kepraktisan transmisi matik, bahkan Lexus diketahui tengah mematenkan transmisi manual dan ini  benar-benar ditangani dengan serius oleh flagship Toyota ini.

Seperti dikutip dari autoblog, sistem transmisi manual yang dihadirkan ini tetap punya perangkat fisik berupa tiga pedal. Pedal ketiga ini kami ragukan bahwa itu adalah erat hubungannya dengan perangkat kopling. Karena secara secara mekanikal EV tidak memiliki kotak persneling. Besar kemungkinan efek ‘ijak kopling’ disimulasikan secara elektris melalui perangkat lunak.

Takashi Watanabe, chief engineer Lexus Electrified, menggambarkannya sebagai "simulasi peta tenaga penggerak dengan posisi pedal dan perpindahan gigi untuk mereproduksi perasaan transmisi manual."

Semua kondisi yang dialami pada transmisi manual coba diadopsi, bahkan mobil dengan transmisi ini bisa salah masuk gigi dan mundur karena tidak kuat nanjak.

"Proyek baru ini semua dimulai dengan beberapa insinyur Lexus merenungkan apa yang mereka sukai dari kendaraan dengan mesin bakar dan apa yang harus mereka asupkan pada mobil listrik," kata Watanabe.

Dalam prakteknya saat ini, transmisi ini diujicobakan pada Lexus UX300e

Watanabe mengatakan bahwa prototipe itu sangat menyenangkan dan membuat sebuah mobil listrik lebih demonstratif, tidak membosankan dan menghidupkan sensasi berkendara klasik yang kian pudar.

Markondez

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com