Lambang Rolls-Royce Didesain Ulang Agar Lebih Aerodinamis

Lambang Rolls-Royce Didesain Ulang Agar Lebih Aerodinamis

Perubahan akan jadi suatu hal yang kekal dan dinamis sesuai dengan jaman dan kebutuhannya. Hal ini pun terjadi pada Rolls Royce, tepatnya pada bagian yang paling ikonik yang jadi ciri mobil ini sejak 111 tahun silam. Bagian itu ada pada patung yang disebut sebagai Figurine Spirit of Ecstacy alias pada sosok patung yang ditancapkan pada moncong grillnya.

Rancangan terbaru ini akan lebih rendah dan kecil, hal ini merupakan bentuk kompromi untuk mensuport faktor aerodinamika pada model-model gres mobil ningrat itu.

Seperti dilansir carscoops, lambang terbaru ini akan mulai menghiasi Rolls Royce Spectre EV.

Lambang terbaru ini punya tinggi 82,73 mm dan mendapatkan koreksi pada bagian sayapnya untuk meminimalisir hambatan udara.

Berbicara mengenai sejarahnya, patung ini pertama kali terdaftar secara resmi sebagai kekayaan intelektual Rolls-Royce pada 1911. Namun sebelumnya ada cerita menarik di balik kelahiran patung legendaris itu.

Ide awalnya muncul dari Lord Montagu of Beulieu, Inggris. Ia merupakan salah satu tokoh otomotif British saat itu sekaligus editor majalah The Car Illustrated.  Pada 1909, Montagu memerintahkan Charles Robinson Sykes, seorang illustrator dan juga pematung untuk menciptakan sesuatu yang untuk membuat tampilan Rolls-Royce Silver Ghost miliknya jadi lebih menarik.

Dari situlah kemudian lahir karya Sykes berwujud seorang patung wanita dengan jubah berkibar yang dibuat dari bahan perunggu. Ia memberi label karyanya itu sebagai ‘Whisper’.

Di luar dugaan, kreasi Sykes justu menarik sejumlah pemilik ‘The Rolls’ ikut-ikutan membuat kreasinya sendiri. Hal ini membuat Claude Johnson, General Managing Director Rolls-Royce tidak suka. Ia khawatir mobil yang digawanginya akan jadi ‘liar’ dan justru tidak elegan.

Johnson pun lantas mengambil jalan yang cukup tepat dan Sykes kembali mendapat tugas untuk membuat beberapa penyesuaian patung ‘Whisper’nya untuk disesuaikan dengan selera Rolls-Royce. Versi revisi yang sudah direstui oleh Rolls-Royce itulah yang kita kenal hari ini sebagai ‘Spirit of Ecstasy’.

Kembali ke lambang terbaru, Rolls-Royce mengatakan bahwa nantinya lambang tersebut akan digunakan oleh semua model. Sedangkan model Spectre sendiri baru akan muncul pada kuartal ke empat 2023.

Perubahan lambang Spirit of Ecstasy ini bukanlah yang pertama. Selama keberadaannya setidaknya telah mengalami perubahan sebanyak enam kali dan yang terbaru nanti merupakan perubahan yang ke tujuh. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com