Kampas Rem Teknologi Hijau, Cocok Untuk Mobil Modern

Kampas Rem Teknologi Hijau, Cocok Untuk Mobil Modern

Mobil modern dituntut lebih ‘hijau’ bahkan tak hanya pada gas buangnya saja, namun juga pada komponen kendaraan yang diproduksi.

Hal ini menjadi perhatian para produsen otomotif dan spare parts, salah satunya Astra Otopart dengan produknya Aspira TDW Brake. Perangkat ini hadir dengan menggunakan bahan non asbestos yang ramah lingkungan dan juga ramah bagi pengguna kendaraan.

Bahan kampas rem non asbestos merupakan campuran beberapa bahan seperti steelfiber, selulosa, rock wool, grafit dan kevlar. Sehingga residu yang dihasilkannya lebih ramah pada kesehatan.

Sedangkan material yang mengandung asbestos cukup berbahaya untuk kesehatan, terutama kesehatan pernafasan. Bahkan sejak 1972  U.S. Environmental Protection Agency (US EPA) sudah menyatakan penggunaan bahan ini merupakan ancaman serius bagi kesehatan. Berapa pun paparan yang disebabkan oleh bahan ini akan beresiko pada kesehatan.

Kembali pada kampas rem non asbestos TDW, selain diklaim lebih ramah lingkungan dan kesehatan memiliki keunggulan lain yakni responsif terhadap disc ataupun drum brake,tidak berdecit dan sudah barang tentu termasuk dalam green technology.

Memperkuat komitmennya terhadap green technology TDW pun melangkah lebih jauh lagi dengan menerapan cooper free pada produknya.  

Cooper atau tembaga pada kampas rem akan menghasilkan partikel debu rem mikroskopis. Dan partikel inilah yang akan mencemari air sehingga akan mengancam kelangsungan ekosistem di sungai ataupun danau.

“Tentunya hal ini sejalan dengan penerapan Astra Quality dalam produk kami dimana kami ingin memberikan yang terbaik bagi konsumen produk kami, salah satunya kami hadir dengan teknologi hijau ini untuk prosuk Aspira TDW” ujar Indra Nugraha, Executive in Charge Marketing Astra Otoparts.

Pada 2010, negara bagian California dan Washinton mengesahkan undang yang mengharuskan kapas rem yang diproduksi dan dijual harus mengandung tidak lebih dari 0,5 % tembaga. Peraturan ini akan diberlakukan sebelum 1 Januari 2025.

Tentu saja produk aspira TDW ini bisa didapatkan di official merchant Astra Otoparts pada market place dan Astra Otoshop.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com