Bahaya! Ada Aplikasi MyPertamina Palsu

Bahaya! Ada Aplikasi MyPertamina Palsu

Pembelian BBM bersubsidi jenis pertalite dan solar harus memakai aplikasi MyPertamina mulai 1 Juli 2022. Dibalik kebijakan itu, ada yang disalahgunkan dengan aplikasi palsu yang dapat merugikan pengunanya. 

Dalam unggahan media sosial Instagramnya MyPertamina memperingatkan bila agar masyarakat lebih berhati-hati. "Ada hal penting yang harus kamu ketahui nih, kalau saat ini beredar aplikasi tidak resmi MyPertamina. Aplikasi MyPertamina yang resmi hanya bisa kamu download dan install dari Play Store dan App Store. Selain dari itu, dapat dipastikan kalau itu aplikasi tidak resmi," tulis caption akun MyPertamina.

Salah satu website tidak resmi yang menyediakan aplikasi MyPertamina palsu ialah https://apkboat.com/en/my-pertamina-app. Pada aplikasi MyPertamina palsu ini, pengguna bisa mengalami  pencurian data pengguna karena saat melakukan pendaftaran pengguna wajib mengisi data identitas pribadi. bisa mengalami kerugian seperti terkena modus penipuan oleh orang tak bertanggung jawab, dan sebagainya. 

Dengan demikian, aplikasi MyPertamina di luar Google Play Store dan App Store tidak asli alias palsu. Dalam pendaftaran di aplikasi MyPertamina resmi masyarakat juga perlu memasukkan data-data identitas pribadi  seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), foto kendaraan, dan dokumen lain, tapi dipastikan data diri ini sangat dijaga kerahasiaanya.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution mengatakan, pendaftaran tidak hanya bisa dilakukan melalui aplikasi MyPertamina, tetapi juga lewat website.

"Kami menyiapkan website MyPertamina yakni https://subsiditepat.mypertamina.id/ nantinya masyarakat yang merasa berhak menggunakan Pertalite dan Solar dapat mendaftarkan datanya melalui website ini," ujar Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution dalam keterangan resminya, Selasa (29/6).

Berikut tahapan pendaftaran di website maupun aplikasi MyPertamina dilansir dari keterangan Pertamina.

1. Siapkan KTP, STNK, Foto Kendaraan, dan dokumen pendukung lainnya untuk pendaftaran.
2. Buka website https://subsiditepat.mypertamina.id/
3. Centang informasi memahami persyaratan
4. Klik daftar sekarang
5. Ikuti instruksi dalam website tersebut dengan mengisi data diri
6. Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan, atau cek status pendaftaran di website secara berkala
7. Apabila sudah terkonfirmasi, unduh (download) kode QR dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com