Akibat Kabut Tebal, 200 Mobil Tabrakan Beruntun

Akibat Kabut Tebal, 200 Mobil Tabrakan Beruntun

Lebih dari 200 kendaraan terlibat dalam tabrakan mobil massal di sebuah jembatan di kota Zhengzhou, akibat kabut tebal. Terlihat dari foto yang ada, kendaraan yang terlibat kecelakaan tersebut berasal dari berbagai model, mulai dari mobil penumpang, pikap, mini bus, hingga truk hingga menyebabkan saling tindih.

“Ini terlalu menakutkan. Penuh dengan orang di sini, saya rasa kita tidak bisa turun dari jembatan,” satu orang terdengar berkata dalam satu klip video seperti dikutip dari The Guardian, Rabu (28/12).

Banyak dari mereka yang terluka terperangkap di dalam kendaraan mereka dan departemen pemadam kebakaran mengirim 11 truk pemadam kebakaran dan 66 petugas pemadam kebakaran untuk membantu, lapor media pemerintah.

Badan meteorologi China sendiri melaporkan, jarak pandang di sejumlah daerah kurang dari 500 meter pada Rabu pagi dan terkadang turun hingga 200 meter.

Sementara itu jika kita harus melakukan perjalanan di tengah kabut asap, harus menyalakan lampu utama kendaraan. Tujuannya agar mobil yang anda kendarai dapat dengan mudah terdeteksi oleh penggendara lain.

“Secara garis besar fungsi dari lampu adalah membantu visibilitas pengemudi dan membantu komunikasi antar sesama pengguna jalan, jadi penggunaan lampu besar sah dan wajib dilakukan apabila visibilitas terbatas,” terang Sonny Susmana, Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI).

Kondisi berkendara di tengah kabut asap merupakan kondisi darurat dan perlu konsentrasi lebih.

“Khusus untuk kondisi kabut asap, lampu high beam jangan dinyalakan karena cahaya lampu high beam justru akan terpantul oleh asap yang mengakibatkan terganggunya pandangan pengemudi,” tambah Sonny.

Ia juga menambahkan, lampu hazard hanya digunakan dalam kondisi kendaraan berhenti dan mengalami masalah. Hal ini dilakukan supaya tidak terjadi missperseption antara sesame pengemudi.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com