Tertarik Dengan Land Cruiser FJ40 Yang Dijual Tom Hanks?

Tertarik Dengan Land Cruiser FJ40 Yang Dijual Tom Hanks?

Tak bisa dipungkiri bahwa Toyota Land Cruiser FJ40 merupakan salah satu SUV yang digandrungi oleh sekeliling bola dunia. Ternyata SUV ini pun diiminati juga oleh aktor Hollywood, Tom Hanks. Dia memiliki sebuah SUV legendaris lansiran 1980 yang sudah direstorasi ulang. Kabarnya aktor pemeran Forest Gump ini akan menjual SUV ini melalui lelang yang terdaftar di Bonhams.

Salah satu identitas otentik dari Tom Hanks adalah tandatangan yang dibubuhkannya pada bagian dasbor sebelah penumpang.

Namun perlu digarisbawahi, bahwa mobil ini bukanlah sebuah Land Cruiser beraliran pemuja keorisinilan melainkan sebuah Land Cruiser klasik yang dibangun ulang dengan melakukan pendekatan kepraktisan untuk digubakkan sebagai mobil harian yang nyaman. Tentunya dengan pendekatan ala lokal di AS.

Pada dasarnya mobil ini merupakan Land Cruiser versi USDM yang ditengarai dengan kehadiran lampu sidemarker di tiap sisi buritan dan rollbar yang merupakan standar kelayakan road legal di AS untuk mobil dengan konstruksi atap seperti ini.

Mobil ini sudah direstorasi total, namun sayang tidak disebutkan di mana Hanks melakukan proses restorasinya. Namun yang jelas mobil ini telah menggantongi street legal dan juga memenuhi standar emisi yang diberlakukan di negara bagian California.

Salah satu yang cukup berbeda dengan versi orisinal dari mobil ini adalah mesinnya. Mobil ini menanggalkan mesin orisinal berkode 2F 4.200cc dan menggantinya dengan mesin V6 berkode L35 4.300 cc Vortec bikinan General Motors. Mesin donor ini sudah menganut teknologi injeksi multipoint dan yang juga pernah dikenal di Indonesia sekitar tahun 2000-an melalui Chevrolet The Real Blazer. Mesin dengan cetakan daya 190 hp ini dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan.

Mungkin pilihan mesin donor ini yang kurang familiar dilakukan. Biasanya orang Amerika akan langsung mencangkokkan mesin GM V8 LS series yang mampu membetot daya hampir dua kali lipat mesin V6 itu.

Seperti dilansir silodrome.com, kemungkinan pilihan mesin tersebut untuk tetap mengejar kemampuan komponen standar dari mobil tersebut seperti halnya kinerja rem. Sebagai informasi mesin standar inline 6 SUV ini mampu mengail daya puncak 135 hp.

Hanks nampak mempertahankan penampilan orisinal dari mobilnya dengan melabur warnanya dengan Rustic Green yang merupakan warna FJ40 untuk pasar AS. Namun ia menambahkan roofrack aftermarket.

Untuk kaki-kaki Hanks mempercayakannya pada Old Man Emu, serta menyematkan ban Toyo Open Country pada pelek besi berlapis krom untuk menjaga mobil ini menapak di atas permukaan jalan.

Untuk bagian dalamnya, Hanks tak lagi mempertahankan bangku orisinal 40 Series, melainkan menggantinya dengan satu set bangku elektrik Porsche pada bangku depannya. Sementara bangku belakang tetap mempertahankan model bangku berhadapan.

Untuk mendukung kenyamanan, mobil ini dilengkapi dengan AC, heater  dan audio sederhana dari Sony.

Mengenai harga, diperkirakan Land Cruiser FJ40 ini akan berada di kisaran harga $75 ribu sampai $125 ribu atau setara Rp 1,08 milyar hingga Rp 1,8 milyar.

Ada yang minat?

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com