Pemantik Rokok, Fitur Yang Bertransformasi Colokan Charger Handphone.

Pemantik Rokok, Fitur Yang Bertransformasi Colokan Charger Handphone.

Merokok bagi sebagian orang merupakan kebutuhan. Karena tuntutan itulah maka pabrikan mobil menyelipkan satu fitur yakni cigarette lighter pada hampir semua jenis mobil yang dijajakan. Coba anda perhatikan, fitur ini muncul mulai dari mobil komersial hingga mobil mewah.

Walau pun kemudian dalam perkembangannya terjadi perubahan gaya hidup, seperti saat ini di mana merokok merupakan stigma yang merugikan dalam kesehatan. Tetap saja ‘cigarette lighter’ ini hadir pada mobil modern, walau fungsinya telah bertransformasi jadi konektor DC untuk memasok daya listrik yang digunakan di dalam atau di dekat mobil. Yang paling sering ditemui menjadi soket untuk charge portable handphone.

Namun jika melihat ke masa lalu, ternyata sejarah pemantik rokok elektrik ini cukup panjang.

Pemantik rokok elektrik ditemukan dan dipatenkan pada awal 1880-an oleh seorang penemu Jerman, Friedrich Wilhelm Schindler. Awalnya dikenal sebagai pemantik cerutu, namun pada 1920-an, nama tersebut tenggelam dan perangkat tersebut lebih dikenal sebagai pemantik rokok, seiring dengan trend rokok yang mendunia.

Pemantik rokok mulai menjadi bagian dari standar mobil-mobil Amerika pada 1925-1926. Perubahan besar muncul pada 1928 di mana Connecticut Automotive Specialty Company (Casco) mematenkan pemantik model baru yang menggunakan kabel dan gulungan. Model ini berbentuk colokan yang dilengkapi dengan tabung khusus yang berisi gulungan. Cara penggunaannya dicolok dan kemudian akan kembali ke posisi semula setelah gulungan tersebut panas dan membara.

Model inilah yang kemudian kita kenal dan masih ditemui mobil saat ini.

 

Baca Juga

     
    Rekomendasi

    Bus-truck.id

      Otorider.com