Muka Manusia Bisa Jadi Pengganti Kunci Mobil di Masa Depan

Muka Manusia Bisa Jadi Pengganti Kunci Mobil di Masa Depan

Bukan hanya mesin dan sumber penggerak mobil yang berkembang. Sistem keamanannya pun demikian. Jika saat ini kunci konvensional mulai terganti remote keyless, maka di masa depan bisa saja diganti dengan wajah!

Bukan tanpa sebab, karena saat ini teknologi face biometrics tengah dikembangkan General Motors (GM). Bahkan GM sudah mengisi paten di Amerika Serikat dan Meksiko dengan nama Modus Biometric System.

Dengan teknologi tersebut nantinya muka manusia dapat dijadikan sebagai pengganti kunci untuk mengaktifkan mobil.

Seperti dilansir GMAuthority, teknologi tersebut kini sudah diaplikasikan pada mobil konsep GMC Hummer EV. Nantinya akan terintegrasi dengan smartphone berbasis iOS atau Android.

Di mana lewat aplikasi khusus, pengguna smartphone bisa menggunakan gawai mereka sebagai 'kunci digital'. Selain untuk membuka pintu, fitur tersebut juga dapat digunakan untuk menyalakan mesin/motor listrik kendaraan tersebut.

Namun saat ini, versi ringan dari aplikasi tersebut sudah ada di mobil produksi massal, Cadillac XT4 versi China. Mobil crossover tersebut dilengkapi dengan sistem Face ID sebagai bagian keamanan. Belum sampai ke tahap menyalakan mesin.

Di mana sistem bekerja dengan memanfaatkan kamera inframerah binokular definisi tinggi, pencahayaan tambahan adaptif, layar sentuh dan pembaca sidik jari. Face ID akan memindai wajah dan membuka kunci pintu jika sistem mengenali wajah pengguna.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com