Mengapa Airbag Tidak Bisa Mengembang? Ini Penjelasan Teknisnya.

Mengapa Airbag Tidak Bisa Mengembang? Ini Penjelasan Teknisnya.

Kasus tabrakan tunggal yang menimpa Toyota Innova yang menyebabkan besi pembatas jembatan melesak ke dalam kabin. Namun tak ada airbag yang mengembang.

“Bisa saja hal ini terjadi oleh beberapa sebab dan untuk kasus yang menimpa Innova tersebut memang harus dilakukan investigasi terlebih dulu untuk memastikan penyebabnya,” jelas Didi Ahadi, Dealer Technical Support Departement Head PT Toyota Astra Motor (TAM).

Beberapa penyebab secara teknis yang menyebabkan airbag tidak mengembang. Dan beberapa di antaranya mengacu pada kerusakan unit sensor ataupun inflator. Namun jika diasumsikan semua peralatan tersebut dalam konsidi baik, maka penyebab teknis lainnya besar kemungkinan disebabkan karena crash box tidak terpicu karena luput dari benturan.

Sementara Didi menjelaskan bahwa posisi sensor tabrak (crash box) Innova berada di bagian depan sasis. Dan dari sensor inilah yang akan memberikan input pada ecu airbag untuk mengembang apabila ada impact. Namun tidak lantas airbag mengembang jika sensor ini terkena benturan, ada kalkulasi lainnya yang menjadi rangkaian penyebab yakni kecepatan kendaraan saat tabrakan.

Sepintas jika melihat dari tabrakan yang ada sepertinya crashbox pada Innova tersebut tidak terimbas tabrakan. “Kalau dilihat, besinya masuk dari celah gril  di bagian radiator,” terang Didi.

Secara prinsip sistem airbag akan berkerja saat terjadi benturan pada kecepatan tertentu atau dengan tekanan tertentu.

Dijelaskan pula bahwa airbag tidak dirancang mengembang (deploy) apabila terjadi benturan atau kondisi seperti:

1. Benturan dari belakang

2. Kendaraan menabrak objek yang lebih tinggi

3. Menabrak tiang tepat di tengah bagian depan.

4. Benturan dari sudut.

5. Kendaraan terguling

 

 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com