Jeep JL Wrangler di Indonesia Sama Dengan Yang Dijajakan Di Amerika?

Jeep JL Wrangler di Indonesia Sama Dengan Yang Dijajakan Di Amerika?

Salah satu mobil paling ikonik di dunia telah beredar di Indonesia. Jeep JL Wrangler memang sudah menggelinding di tanah air sejak 2018 silam dan kemudian disusul oleh JT Gladiator versi pikapnya di awal 2021.

Kita semua tahu bahwa mobil ini merupakan bikinan pabrikan asal Amerika Serikat dan walaupun mengisi segmen yang cukup niche, namun keduanya mendapatkan sambutan yang cukup menggembirakan di tanah kelahirannya. Walau sempat publik Amerika meragu dengan mesin 2.000 cc Turbonya, seperti kita tahu bahwa pasar di negeri itu cukup gandrung dengan mesin besar.

Nah, apakah kedua Jeep yang kini ada di Indonesia ini punya spesifikasi yang sama dengan yang dijajakan di AS?

“Secara spesifikasi teknis tidak ada perbedaan dengan yang dijajakan di AS. Namun secara detail terdapat perbedaan,” terang Dhani Yahya, Chief Operating Officer PT DAS Indonesia saat dihubungti OtoDriver belum lama ini. “Mobil yang masuk Indonesia biasanya mengacu pada regulasi yang diberlakukan di Eropa,” lanjutnya.

Maka jika dibandingkan dengan versi Amerika Utara maka akan nampak beberapa perbedaannya.

Berikut beberapa perbedaaannya.

 

Lampu Belakang

Versi Indonesia menggunakan lampu belakang dengan warna mika sein putih dan warna cahaya oranye. Sedangkan versi North America menggunakan lampu sein dengan mika sein merah dan warna cahaya merah.

Lampu belakang spek European dan Indonesia
Lampu belakang North American Spec

 

Bumper

Di pasar Amerika Utara bumper standar bagian depan terbuka, sedangkan versi Eropa bumper depan lebih tertutup.

Bumper depan JL Wrangler versi Eropa lebih tertutup
Bumper standar versi Amerika terbuka bagian depannya

 

Rear Foglamp

Jika diperhatikan bagian bumper belakang terdapat lampu foglamp yang diposisikan di ujung bemper untuk versi Eropa dan Indonesia. Sedangkan model Amerika lampu rear foglamp diletakkan di bagian tengah.

Bumper belakang, letak foglam dan posisi plat nomor JL Wrangler versi Amerika 
Posisi plat nomor belakang JL Wrangler versi Eropa dan Indonesia di bagian tengah 

 

Plat Nomor 

JL Wrangler di Indonesia menggunakan platnomor yang diletakkan di bagian tengah, sedangkan untuk versi North America Spec (NAS) posisi plat nomor ada di sebelah kiri.

 

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com