Intip Strategi Toyota Hadapi 'Perang' Elektrifikasi Mobil di Indonesia

Intip Strategi Toyota Hadapi 'Perang' Elektrifikasi Mobil di Indonesia

Saat ini era elektrifikasi kendaraan di Indonesia mulai terjadi. Hal ini terlihat dari maraknya pabrikan yang bermain di segmen kendaraan ramah lingkungan tersebut.

Mulai dari versi hybrid hingga fully electric dihadirkan beberapa pabrikan. Termasuk tipe dan harga jualnya yang beragam, ada yang di angka Rp 400 jutaan seperti Nissan Kicks atau Tesla dengan harga miliaran rupiah.

Menghadapi kondisi ini, PT Toyota Astra Motor (TAM) mengaku siap menghadirkan line up lengkap dari kendaraan elektrifikasi mereka sebagai langkah 'perang' mobil ramah lingkungan di Indonesia.

Seperti dikatakan Anton Jimmy Suwandi, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) yang menyatakan jika menghadapi hal itu, Toyota menawarkan line up komplet dari beragam sumber gerak alternatif untuk bersaing.

"Kami punya hybrid, lalu Prius plug in hybrid. Kemudian BEV (battery electric vehicle/fully electric) akan dikenalkan tahun ini. Tiap tahun meluncurkan produk terbaru," ucapnya disela acara NGOVI2000 akhir pekan lalu.

Pria berkacamata ini mengungkapkan jika secara persiapan, Toyota global sudah memulai elektrifikasi sejak lama. Hal tersebut juga berlaku di Indonesia. Sehingga pengalaman mereka di sektor tersebut, baik secara produk dan aftersales sudah siap.

"Kami memulai elektrifikasi dari tahun 1997, lewat Prius Hybrid. Kemudian dikembangkan pada plug in hybrid, BEV (fully electric) hingga fuel cell electric vehicle," jelas Anton.

Elektrifikasi oleh Toyota di Indonesia sendiri dilakukan sejak 2009 lewat Prius. Sampai sekarang hybrid sudah di generasi ke-4, sudah di generasi terbaru, termasuk plug in hybrid.

Toyota menurutnya juga melakukan komitmen jangka panjang dengan investasi dan produk. Serta support dari dealer untuk menyiapkan layanan untuk masyarakat.

"Dari aftersales, kami full support dengan mempersiapkan diri dengan membekali seluruh tim dengan knowledge dan juga study berkaitan dengan EV. Sehingga kami menguasai aspek dari EV ini untuk melayani customer," timpal Martogi Siahaan, Chief Executive Auto2000, dealer resmi Toyota.

Simak Video : VIDEO: C-HR Hybrid Tembus 28 KM/Liter

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com