Innova Tabrak Pagar, Airbag Tidak Mengembang. Mengapa Bisa Terjadi?

Innova Tabrak Pagar, Airbag Tidak Mengembang. Mengapa Bisa Terjadi?

Airbag merupakan salah satu perangkat keselamatan yang multak dibutuhkan oleh kendaraan penumpang. Perangkat ini akan mengembang jika terjadi bentur dan memicu mekanisme sistem pada airbag sehingga kantong mengembang dan mampu menahan tubuh pengemudi atau penumpang dari benturan besar.

Namun ada satu kejadian yang tidak biasa terjadi hari ini. Berdasarkan berita yang dilansir TMCpoldametro, sebuah Toyota Kijang Innova telah menabrak pagar pembatas jalan dan mengakibatkan pagar tersebut tembus hingga ke dalam kabin. Uniknya kedua airbagnya sama sekali tidak mengembang.

Mengapa airbag tersebut tidak mengembang sedangkan kerusakan yang ditimbulkan kecelakaan tersebut sedemikian besar?

Berdasarkan beberapa referensi, salah satunya adalah clarkfountain.com yang menyebutkan beberapa kemungkinan terjadi kegagalan airbag untuk mengembang.

1. Sensor airbag rusak

2. Adanya kerusakan komponen kelistrikan, sehingga pada saat terjadi benturan ada arus yang disalurkan dari sensor ke inflator airbag.

3. Sensor tabrak airbag luput dari benturan. Biasanya letak sensor ini berada di sekitar belakang lampu utama.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com