EQG, G-Class Listrik Dengan Kemampuan Off-road Mumpuni

EQG, G-Class Listrik Dengan Kemampuan Off-road Mumpuni

Sosok Geländewagen full elektrik sudah dipertontonkan oleh Mercedes-Benz pada IAA Mobility Show 2021 di Munich. Dipastikan mobil yang dilabeli sebagai EQG Concept tersebut merupakan wujud riil dari versi G-Wagen dengan sumber tenaga setrum.

Seperti diwartakan Motor1.com, tujuan three pointed star adalah untuk mempertahankan karakter kasar dari G-Wagen sambil membawa ikon off-road mereka ke era listrik dengan powertrain nol-emisi.

EQG Concept punya wujud yang cukup identik dengan G-Class W 463 namun dengan wajah yang lebih ‘mulus’ lantaran bagian gril tertutup tanpa kisi-kisi pada bagian tersebut. Nampak mencolok kehadiran sejumlah lampu LED yang di pasang pada roofrack depan yang berfungsi sebagai DRL, sedang pada belakang difungsikan sebagai lampu rem.

Mobil konsep ini menggunakan pelek 22 inci dengan rancangan unik dan dijejali dengan bumper yang lebih membulat dibandingkan versi mesin bakarnya.

Walaupun hadir sebagai mobil listrik, namun EQG pada dasarnya masih menggunakan sasis tangga tradisional milik G-Class. Suspensi depan menganut sistem independen, sedangkan belakang menggunakan rigid axle.

Detail tentang powertrain belum sepenuhnya diungkap karena masih dalam masa pengembangan dan penyesuaian. Tapi dipastikan bahwa mobil ini akan dilangkapi dengan empat motor listrik yang dapat dikontril secara individual.

Keunggulan off-road masih menjadi menu yang disuguhkan, salah satunya adalah menggunakan girboks 2 percepatan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Seperti kita ketahui umumnya EV menggunakan girboks 1 percepatan saja. Jadi opsi satu percepatan lagi ini diibaratkan sebagai transfercase pada versi ICEnya dengan memberikan opsi rasio lowgear.

Kami perkirakan nantinya mobil ini akan tetap menjadi sosok SUV dengan kemampuan off-road yang mumpuni.

 

 

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com