Dajiban, Balapan Van Amerika Ala Jepang

Dajiban, Balapan Van Amerika Ala Jepang

Jepang dikenal sebagai negara otomotif terkemuka dunia. Namun juga dikenal dengan hal -hal unik bin aneh, seperti halnya balapan yang satu ini yang mereka sebut sebagai Dajiban.

Dajiban merupakan penyebutan Dodge Van dari lidah orang Jepang dan balapan unik yang dimaksud adalah balapan menggunakan van buatan Dodge yang notabenenya merupakan mobil Amerika. Hmm…balapan van Amerika di Jepang.

Dijelaskan bahwa pada awalnya van Amerika banyak digunakan oleh penggemar balapan motor, sebagai pengangkut motor, sparepart hingga perlengkapan balap lainnya. Tak hanya Dodge, namun ada merek lain, seperti Chevrolet ataupun Ford. Beberapa referensi mengatakan bahwa van-van pengangkut motor ini pun iseng-iseng diadu kencang pada waktu tertentu seperti setelah balapan motor usai.

Mengenai kepopuleran Dodge di ajang ini, tak lepas dari beberapa pertimbangan. Seperti diketahui, Dodge punya mesin V8, dengan kapasitas 318 cu.in (5.200 cc) serta ada pilihan wheelbase pendek.

Van Amerika lainnya seperti Chevrolet, GMC ataupun Ford pun dijual belikan secara terbatas di Jepang. Chevy Astro sebenarnya lebih populer sebagai kendaraan angkut di bandingkan Dodge Van, namun hanya punya mesin V6 yang dianggap kurang kompetitif.

Pilihan lain bisa jadi datang dari GMC Vandura, Chevrolet Sport yang lebih besar ataupun Ford Econoline yang juga bermesin V8. Tapi hal tersebut tidak populer karena terlalu besar dan berat.

Dajiban umumnya mengandalkan generasi terakhir dari Dodge Van pembuatan tahun 1994 hingga 2003. Sebagian besar mobil-mobil ini diimpor dari Amerika Serikat sebagai kendaraan bekas .

Walaupun menggunakan produk Amerika, namun Dajiban tetap menyelipkan kultur dunia balap Jepang. Salah satu yang mencolok adalah penggunaan pelek alloy R16 bikinan Watanabe, sehingga menghasilkan penampilan yang unik.

 

Baca Juga

     
    Rekomendasi

    Bus-truck.id

      Otorider.com