Daihatsu Bocorkan Lagi Spek Rocky, Kini Soal Keunggulan Transmisinya

Daihatsu Bocorkan Lagi Spek Rocky, Kini Soal Keunggulan Transmisinya

Daihatsu seakan terus membocorkan model yang diyakini bakal meluncur dalam waktu dekat, yakni Rocky. Setelah penampakannya beredar luas di dunia maya, kini Daihatsu membeberkan keunggulan transmisi otomatik CVT lewat siaran resmi yang masuk ke redaksi OtoDriver.

Saat ini, belum ada model Daihatsu yang menggunakan transmisi model CVT. Dan bisa dipastikan Rocky bakal mengandalkan transmisi CVT.

Transmisi CVT memiliki perbedaan yang cukup mendasar dengan transmisi otomatis 4AT. Jika pada transmisi otomatis 4AT sistem perpindahan gigi menggunakan planetary gear set, maka transmisi otomatis jenis CVT menggunakan puli atau driven pulley dan sabuk baja sebagai komponen utama penggerak transmisi.

Dengan kemampuan melakukan perubahan rasio gigi menyesuaikan dengan putaran mesin, CVT dipastikan bisa memberikan sensasi berkendara yang lebih halus saat perpindahan kecepatan. Hal ini membuat pengendara mobil bertransmisi CVT tidak merasakan perpindahan gigi.

“Dual Mode CVT dikembangkan melalui platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture) dan mengadopsi teknologi roda gigi terpisah. Dengan Dual Mode CVT, Daihatsu telah berhasil mengembangkan teknologi pertama di dunia yang menggabungkan penggerak sabuk dan penggerak roda gigi untuk meningkatkan efisiensi transmisi, efisiensi bahan bakar, akselerasi lebih baik, dan lebih hening. Selain itu, karakteristik pedal gas telah dioptimalkan untuk respons yang baik dari kecepatan rendah hingga tinggi,” tulis Daihatsu dalam siaran resminya.

Saat ini, model Daihatsu yang menggunakan transmisi CVT kebanyakan adalah model yang dijual di Jepang, seperti Daihatsu Tanto, Move, Taft, Mira, Copen, Cast dan Boon.

Simak Video : VIDEO: Ratusan Unit Sigra Siap Jadi Armada Taksi

 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com