AS ‘Wariskan’ Ribuan Ford Ranger Untuk Taliban

AS ‘Wariskan’ Ribuan Ford Ranger Untuk Taliban

Saat pasukan Amerika Serikat ditarik mundur dari Afghanistan bulan lalu, ternyata mereka tidak membawa pulang perangkat perang perang dan patrolinya termasuk ribuan Ford Ranger dan Humvee.

Seperti dilansir carscoop, setidaknya terdapat 43.000 unit Ford Ranger, 22.000 unit Humvee dan 900 unit MRAP (Mine-Resistant Ambush Protected) atau kendaraan lapis baja anti ranjau) yang ditinggalkan dan kemudian hampir seluruhnya direbut oleh penguasa saat ini, Taliban.

Varian Ranger yang ditinggalkan di wilayah konfik itu merupakan model global generasi II seperti yang dipasarkan di Indonesia di sekitar tahun (2009-2011). Model sebelum T-6  ini didatangkan dari Thailand dalam wujud sudah dimodifikasi dengan penambahan bumper depan dan belakang serta perangkat lainnya.

Jika membandingkan jumlah Ranger yang ditinggal, sebenarnya ini nyaris sama dengan penjualan Ford Ranger (berbasis Ranger Global T-6) di Amerika pada delapan bulan pertama pada 2019.

Berdasarkan beberapa sumber, Ranger yang ditinggalkan di Afghanistan ini merupakan model yang masih diproduksi hingga saat ini, meskipun generasi III sudah muncul. Model ini dipasarkan di berbagai kawasan seperti Asia, Afrika dan Amerika Latin.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com