All New Toyota Avanza Tak Lagi Dirakit Oleh Daihatsu

All New Toyota Avanza Tak Lagi Dirakit Oleh Daihatsu

Mungkin sudah bukan rahasia umum lagi, apabila beberapa produk Toyota di Indonesia justru dibuat oleh Daihatsu.

Sejak 1967, Daihatsu telah menjadi mitra Toyota dan selanjutnya terjalin kerjasama antar keduanya. Selanjutnya terdapat beberapa model Daihatsu pun dijajakan dalam emblem Toyota. Salah satunya produk-produk Daihatsu di kawasan Amerika Utara.

Pada 1999, Toyota pun membeli saham Daihatsu dan mengguasai 51% saham Daihatsu. Dari sinilah selanjutnya kerjasama strategis antar kedua perusahaan pun semakin kuat, termasuk nantinya di Indonesia yang menghasilkan produk Avanza-Xenia pada 2004.

Hingga pada 2016, Three Ovals menggumumkan bahwa mereka telah membeli 100% saham Daihatsu dan menjadikannya anak perusahaan penuh dari Toyota.

Perubahan ini tentu memiliki pengaruh di Indonesia. Di mana kemudian muncul produk-produk kolaborasi Toyota-Daihatsu seperti Ayla-Agya, Calya-Sigra, Raize-Rocky dan tentu Avanza-Xenia yang sepenuhnya dibuat di fasilitas Daihatsu di Indonesia.

Namun sepertinya ada yang berbeda untuk All New Avanza yang digadang-gadang segera diluncurkan November ini. LMPV legendaris ini dikabarkan tak lagi dibikin di fasilitas Daihatsu, namun akan dibuat di fasilitas perakitan Toyota.

“Ngga semuanya kok, sepertinya nanti yang akan dibikin oleh Toyota adalah Avanza atau Veloz tipe tertinggi saja. Sedangkan tipe bawah tetap di Daihatsu,” terang sumber OtoDriver, Rabu (27/10).

“Selain untuk kebutuhan domestik, Toyota akan membuat All New Avanza untuk kebutuhan ekspor,” tutupnya.

Simak Video : VIDEO: C-HR Hybrid Tembus 28 KM/Liter

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com