Toyota Rilis Corolla SUV Mulai  Rp 450 Jutaan

Toyota Rilis Corolla SUV Mulai Rp 450 Jutaan

Toyota Motor Motor Company resmi meluncurkan Corolla baru hari ini di Thailand. Tak seperti biasanya model yang diluncurkan kali ini merupakan versi SUV dari sebuah ikon yang dikenal erat sebagai sebuah sedan yang melegenda. Model ini dilabeli sebagai Corolla Cross.

Dikutip dari laman resmi Global Toyota, SUV ini hanya tersedia dalam formasi tempat duduk 5 saja dan menawarkan dua pilihan mesin yakni 1.800 cc 4 silinder 2ZR-FBE berkekuatan 140 ps dan torsi 175 Nm yang diakurkan dengan transmisi CVT. Pilihan mesin  lainnya adalah varian hibrid dengan kemampuan mesin 98 ps dan 142 Nm serta tambahan 72 ps dan torsi 163 Nm yang disumbang dari kinerja motor listriknya. Khusus untuk tipe kedua ini mengusung transmisi e-CVT.

Mobil ini pun menggunakan platform yang sama dengan yang digunakan pada Corolla yakni TNGA-C, jenis platform yang sama dengan yang digunakan Toyota Altis ataupun C-HR. Dengan demikian model ini beda platform dengan Toyota RAV4 yang menyemat TNGA-K alias punya mempunyai dimensi lebih besar.

Memang ada persamaan dengan RAV4 terlebih pada bagian pilar C yang memiliki tarikan garis bodi seolah ada pemisah antara bodi dan atap alias floating roof.

Pembeda antara versi entry level dan varian di atasnya hadir dari lingkar roda, di mana varian di bawahnya menggunakan pelek 17 inci dan 18 inci untuk varian di atas.

Pada bagian interior, nampak banyak kesamaan nafas desain dengan Altis Hybrid ataupun RAV4. Namun demikian SUV ini nampaknya ingin memanjakan penumpang belakang dengan menampilkan bangku belakang yang bisa disetel kemiringan sandarannya dan terdapat pula ventilasi AC, armrest serta 2 buah port USB untuk mengisi daya gadget penumpang belakang.

Tapi entah mengapa Toyota justru membekali SUVnya ini dengan jenis suspensi torsion beam, tidak menggunakan model independent seperti suspensi depannya.

Disebutkan bahwa dalam Corolla Cross akan dijajakan dengan kisaran harga mulai 989 ribu Baht sampai 1.198 juta Baht, jika dikonversikan ke dalam nilai tukar Rupiah ada di angka 445 jutaan hingga 552 jutaan.

Sampai berita ini kami turunkan pihak PT Toyota Astra Motor (TAM)  selaku Agen Pemegang Merek Toyota di Indonesia belum merespons mengenai kemungkinan penjualan mobil ini.

Namun menurut hemat kami, Corolla Cross  lebih pas untuk berlaga di tanah air dibandingkan RAV4. Kita tunggu saja perkembangannya.

Simak Video : VIDEO: C-HR Hybrid Tembus 28 KM/Liter

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com