Tanda-Tanda Xpander-Livina Harus Lakukan Recall Fuel Pump

Tanda-Tanda Xpander-Livina Harus Lakukan Recall Fuel Pump

Mitsubishi Xpander dan juga Nissan Livina mendapatkan kampanye recall terkait penggantian komponen pompa bahan bakar alias fuel pump. Berdasarkan investigasi yang dilakukan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), ditemukan fenomena bahwa Fuel Pump di dalam tangki dapat berhenti beroperasi. 

Hal itu berpotensi mengakibatkan mesin tidak dapat dinyalakan atau berhenti bekerja. Kemungkinan penyebabnya adalah impeller memuai dan berubah bentuk, kemudian bergesekan dengan bagian di sekitarnya, sehingga impeller tersebut berhenti berputar.

Lantas sebelum recall ini dicanangkan, memang beberapa pengguna Xpander mengalami beberapa keluhan. Salah satunya adalah mesin mobil yang sulit dihidupkan.

“Ada (keluhannya). Yakni mesin mobil sulit dinyalakan kembali saat setelah digunakan. Mesin kmbali normal setelah keadaan mesin sudah dingin,” ucap Didi Zakaria selaku Ketua Umum XMOC ketika dihubungi oleh tim OtoDriver (9/7).

Pemeriksaan dan pergantian komponen Fuel Pump ini menurut data yang dirilis MMKSI terdapat pada 139.111 unit Xpander lansiran 2017 - 2019. Nissan menyebut All New Livina yang terdampak hal ini sebanyak 9.314 unit yang merupakan buatan 22 Februari 2019 hingga 24 Agustus 2019.

Sebelum Indonesia, Mitsubishi Xpander juga mengalami recall di negara tetangga, yakni Filipina. Indikasinya serupa, yakni komponen fuel pump yang berhenti bekerja.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com