Spek Honda E Dirilis, Torsi Sentuh 315 Nm!

Spek Honda E Dirilis, Torsi Sentuh 315 Nm!

Spesifikasi lengkap Honda E akhirnya dibeberkan di situs resmi Honda Eropa akhir pekan lalu. Mobil listrik mungil yang menggabungkan konsep retro dengan nafas modern ini, juga sudah mulai mengaspal namun dalam kapasitas mobil uji coba saja.

Beberapa reviewer di Eropa sudah menjajal dan mempertontonkan keelokan Honda E. Ya, sampai sejauh ini memang Honda E baru akan dipasarkan di Benua Biru dan baru akan didistribusi pertengahan tahun mendatang --tepatnya di musim panas 2020.

(TMS 2019 : Honda e Jadi Ikon Mobil Listrik)

 

Oh ya, di sana Honda E ditawarkan dengan dua pilihan varian. Perbedaan dua varian ini sendiri sebenarnya tidak terlalu mencolok hanya ada pada perbedaan ukuran pelek dan aplikasi beberapa fitur seperti blind spot monitoring dan kaca spion tengah kamera.

Mobil listrik mungil yang satu ini, sejak pertama kali kemunculan model konsepnya --tahun 2017 dengan Urban EV Concept-- memang sudah menarik perhatian. Modelnya sendiri dideskripsikan menyerupai mobil mungil di era 1970-an seperti Honda Civic Hatchback.

Ukurannya yang mungil, berdasar deskripsi dari pihak Honda adalah represenstasi dari desain yang 'urban minded'. Honda E akan berhadapan langsung dengan Fiat 500e dan Mini Cooper SE di segmen mobil listrik perkotaan.

(Mobil Listrik Honda e Setengah Milyar Rupiah)
 

Spesifikasi Honda E
Dimensi: 3895 mm x 1752mm x 1512mm (p x l x t)
Wheelbase: 2530 mm
Ground Clearence: 145,2 mm
Kapasitas: 4 penumpang
Kapasitas Bagasi: 171 liter (bangku tidak dilipat)

Secara dimensi, Honda E memang terhitung mungil ukurannya hampir sama persis dengan MINI 3-door yang dipasarkan di Indonesia. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya ukuran yang kecil ini adalah implementasi desainnya yang berbasis perkotaan, agar mudah diparkir pararel berdasar pengakuan Honda. Istimewanya, dengan ukuran yang kecil ini, Honda E punya radius putar hanya 4,6 meter.

Tipe Mesin: BEV
Penggerak: Roda belakang (RWD)
Transimisi: Otomatis single speed Fixed Reduction Gear
Tenaga: 154 ps
Torsi Maksimum: 315 Nm
Akselerasi (0-100 km/jam): 8,3 detik
Kecepatan Maksimum: 145 km/jam
Daya Tempuh: 222 km (pelek 16 inci)/ 210 km (pelek 17 inci)

Untuk mesin penggerak Honda E sebagai kendaraan listrik murni mengandalkan motor listrik sepenuhnya. Tenaga yang dihasilkan sebenarnya tidak istimewa, namun mengingat penggunaannya untuk daerah perkotaan hal ini seharusnya tidak menjadi masalah.

Penggunaan penggerak roda belakang cukup unik dan disinyalir agar pembagian bobot mobil ini bisa 50:50. Satu lagi yang tidak kalah menarik Honda E menggunakan sistem pengendalian single-pedal. Artinya untuk melaju, memperlambat, dan berhenti sepenuhnya pengemudi hanya perlu menginjak satu pedal. Kembal, fitur ini dikembangkan Honda untuk meningkatkan pengalaman berkendara di daerah perkotaan yang kebanyakan stop-and-go.

Kapasitas Baterai: 35,5 kWh
Jenis Baterai: Lithium Ion
Tipe Motor Elektrik: DC
On Board Charger: 6,6 kW AC
Konektor Pengisian Daya: CCS2

Baterai yang dipakai Honda E sebenarnya bukanlah yang terbaik tapi bisa dikategorikan sangat cukup untuk pemakain dalam kota. Baterainya sendiri untuk terisi penuh, jika memanfaatkan listrik perumahan (2,3 kW) akan memerlukan waktu sekitar 18,8 jam. Namun jika memanfaatkan stasiun pengisian daya fast (50 kW) atau ultra fast (100 kW) hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit untuk mengisi daya sampai 80 persen.

Fitur Keselamatan
ABS (Anti-Lock Braking System)
Airbag 6 titik
Blind Spot Information incl. Cross Traffic Monitor
Brake Assist (BA)
Collision Mitigation Braking System
Collision Mitigation Throttle Control
Deflation Warning System (DWS)
Electronic Brakeforce Distribution (EBD)
Emergency Stop Signal
Forward Collision Warning
Intelligent Speed limiter
ISO Fix Points
Lane Departure Warning (LDW)
Lane Keep Assist System
Lead Car Departure Notification System
Low Speed Brake Function
Low Speed Following
Road Departure Mitigation
Traffic Sign Recognition System
Vehicle Stability Assist (VSA)
Whiplash Lessening Front Headrests

Teknologi Pendukung
Single Pedal Control
Drive mode selector system (NORMAL and SPORT)
Electric Parking Brake
Electric Power Steering (EPS)
Hill Start Assist (HSA)
Multi Info Display
Regenerative Braking/Deceleration Control (Paddle)
AC dengan Climate Control
Auto Wipers
Cruise Control - Adaptive
Kaca Spion samping dengan kamera
Kaca spion tengah dengan kamera
Layar panel dengan kamera 360 derajat
Honda Parking Pilot
Parking Sensors
Rear View Camera
Tilt and Telescopic Steering Wheel
Ambient Light (Driver/Passenger Footwell)
Ambient Light (Roof)
Map Light (Front)
Meter Illumination

Soal fitur dan teknologi akan sangat panjang kalau dibahas satu persatu, yang pasti beragam fitur canggih yang memudahkan penggunaan dalam kota sudah dipastikan tertanam dalam Honda E. Mulai dari kamera pengganti spion samping, panel instrumen tengah yang memanfaatkan semua kamera dan sensor dan masih banyak lagi.

Sangat sulit untuk kemudian mendeskripsikan suasana dalam kabinnya yang serba modern dan futuristik, oleh sebab itu ada baiknya Anda melihat beberapa ulasan dari pengemudi di Eropa, berikut sedikit yang kami referensikan.

Simak Video : VIDEO: C-HR Hybrid Tembus 28 KM/Liter

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com