Renault Triber AMT Meluncur di Indonesia. Satu-Satunya Mobil Bertransmisi ‘Triptonic’ di Bawah Rp 200 jutaan

Renault Triber AMT Meluncur di Indonesia. Satu-Satunya Mobil Bertransmisi ‘Triptonic’ di Bawah Rp 200 jutaan

Opsi transmisi matik saat ini jadi pilihan menarik khususnya bagi pasar mobil di Indonesia. Oleh karena itu hampir setiap merek menyiapkan diri dengan membekali diri pilihan transmisi dua pedal ini.

Salah satunya adalah Renault Triber yang pada hari ini mengenalkan pilihan transmisi Automated Manual Transmission (AMT) atau dengan kata lain merupakan transmisi manual yang diotomatiskan.

Walau tergolong sebagai transmisi manual, namun jenis girboks AMT ini punya cara pengoperasian yang nyaris sama dengan versi transmisi matik alias tetap menggunakan format dua pedal.

Lebih jauh lagi, mobil yang dirakit di India ini menyertakan pula teknologi ‘triptonic’ di mana pengoperasian shift-up maupun shift-down layaknya transmisi manual.

Kelebihan ini tentu menjadi salah satu penggerak yang menjadikan kartu truff daya tarik mobil ini untuk menggoyang pasar Indonesia. Terlebih mobil ini ditawarkan dengan harga yang relatif terjangkau.

“Kami pasarkan Renault Triber AMT mulai harga Rp 163 juta (Off The Road) dan menurut survei kami merupakan satu-satunya mobil yang dijual di bawah angka Rp 200 juta dengan jenis transmisi AMT triptonic,” terang Davy J Tuilan, Chief Operating Officer (COO) PT Maxindo Renault Indonesia dalam peluncuran produk yang dilakukan secara virtual, Kamis 15 Oktober 2020.

Transmisi AMT milik Triber ini merupakan jenis transmisi electro mechanical, artinya tuas transmisi tersebut menggerakkan proses shifting pada girboks secara elektrik. Salah satu keunggulannya adalah dapat meminimalisir kesalahan shifting dan ini merupakan faktor safety.

Salah satu contoh adalah masuk ke posisi R saat mobil melaju ke arah depan (D). Hal ini dapat dicegah secara elektronik oleh sistem mekanikal pada mobil ini.

Renault Triber AMT menggunakan mesin yang sama dengan versi manualnya yang terlebih dulu muncul yakni mesin 3 silinder berkapasitas 1.000 cc dengan lecutan daya 72 PS dan torsi 96 Nm yang disalurkan pada roda depan.

Markondez

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com