Mobil Balap Tua Ini Terjual Rp 56 Miliar Dalam Acara Lelang, Apa Hebatnya?

Mobil Balap Tua Ini Terjual Rp 56 Miliar Dalam Acara Lelang, Apa Hebatnya?

Ford dan Shelby kembali mencuri perhatian dalam acara lelang Original Spring Classic yang berlangsung di Indianapolis, Indiana, Amerika Serikat. Dalam lelang kali ini, Ford Shelby GT350 1965 yang legendaris mencetak harga jual termahal dengan berhasil terjual USD3,85 juta atau setara Rp 56 miliar.

Seperti dilansir Motorauthority, mobil legendaris ini pernah dikemudikan Ken Miles dalam balap di Green Valley Raceway di Smithfield, Texas, pada tahun 1965. Harga ini juga lebih tinggi dari Ford Mustang GT 390 1968 yang juga tampil di film "Bullitt" seharga USD3,4 juta.

Begitu mahalnya mobil tua ini membuat orang bertanya-tanya seberapa istimewanya mobil yang dibangun dengan sasis nomor 5R002.

Pada hari Valentine 14 Februari 1965 menjadi hari pertama Kompetisi GT350. Ken Miles adalah pembalapnya, dan ia memenangkan perlombaan sekaligus membuktikan kemampuan GT350R.

Dia juga berhasil membuat mobil terbang pada satu titik. Dalam foto yang berhasil diambil, keempat roda mobil itu melayang di udara. Dan ini menjadi salah satu sejarah bagi Mustang. Ketangkasan itu membuat mobil itu mendapat julukan Flying Mustang.

Pengemudi terkenal lainnya yang menghabiskan waktu di belakang kemudi termasuk Bob Bondurant, Chuck Cantwell, Peter Brock, Jerry Titus, dan tentu saja Carroll Shelby.

Tetapi masih ada lagi. Mobil dengan nomor rangka 5R002 juga merupakan GT350R pertama yang dibangun oleh Shelby, ini adalah salah satu dari dua contoh prototipe yang dibangun untuk 1965, yang lainnya adalah 5R001.

Jika dibandingkan dengan stok GT350, model R menerima tuning suspensi baru, sistem pendingin yang ditingkatkan, panel bodi fiberglass, dan jendela plexiglass. Interior juga dimusnahkan untuk balap. Dan sebagai prototipe, mobil itu dilengkapi dengan banyak bagian tertentu yang tidak membuatnya menjadi 34 mobil pelanggan GT350R yang dibuat oleh Shelby pada tahun 1965.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com