Mengenal Identifikasi Kode Sasis Mercedes-Benz

Mengenal Identifikasi Kode Sasis Mercedes-Benz

Mercedes-Benz merupakan merek mobil Eropa yang terkenal di seluruh dunia. Merek ini menawarkan berbagai model-model yang menawarkan kesan premium.

Tentu banyak sekali model yang dihadirkan. Tak hanya itu, satu model Mercedes-Benz biasanya diproduksi dalam berbagai wujud. Sebut saja sedan, station wagon, coupe, cabriolet, SUV, limousine, pullman hingga roadster.

Supaya mempermudah identifikasi model kendaraannya, rupanya The Silver Arrow mensisipkan huruf pada setiap kode sasisnya. Berikut adalah penjabarannya.

W: Sedan/Wagon

Mercedes-Benz W210
Mercedes-Benz W213

Huruf W digunakan pada model Mercedes-Benz berwujud sedan dan SUV short wheelbase. 

Untuk kode sasis W sendiri, seperti contoh W202 yang merupakan C-Class generasi pertama, W210 yang merupakan E-Class generasi kedua, W222 sebagai Mercees-Benz S-Class generasi terbaru, ataupun W463 sebagai G-Class terbaru dan seterusnya

C: Coupe

Mercedes-Benz C238

 

Berbeda dengan C, model Mercedes-Benz dengan kode sasis yang diawali dengan huruf C terlahir sebagai model coupe. Mobil ini hadir dengan gaya yang lebih sporty ketimbang versi sedannya.

 

Adapun beberapa model coupe, seperti C124 yang merupakan E-Class coupe generasi pertama, C208 adalah CLK-Class generasi pertama, C207 yang merupakan E-Class coupe generasi keempat, dan lain-lain

S: Estate

Mercedes-Benz S202

 

Kode sasis Mercedes-Benz dengan kode sasis S merupakan model Mercedes-Benz yang berwujud sebagai station wagon atau estate. Untuk model ini bisa dikatakan cukup jarang ditemukan di Indonesia.

 

Ada beberapa model yang diawali dengan kode sasis S, yakni S202 untuk C-Class estate generasi pertama, S212 yang merupakan E-Class estate generasi keempat, C205 yang merupakan C-Class estate generasi terbaru, dan lain sebagainya.

R: Roadster

Mercedes-Benz R231

 

Model Roadster biasanya identik dengan mobil dengan atap terbuka. Namun, biasanya model ini hadir dengan orientasi mengemudi dan harus mengorbankan daya akomodasi.

 

Berbicara model Roadster, ada beberapa mobil Mercedes-Benz Roadster yang hadir di Indonesia. Seperti R129 yang merupakan SL-Class generasi keempat, R170 yang merupakan SLK generasi pertama, R231 adalah SLC-Class generasi terbaru dan seterusnya.

A: Cabriolet

Mercedes-Benz A208

 

Berbeda dengan model cabriolet, dimensi yang ditawarkan lebih besar ketimbang model roadster.

 

Mercedes-Benz sendiri menghadirkan beberapa model cabriolet-nya, seperti A124 untuk E-Class cabriolet generasi pertama, A208 yang merupakan CLK-Class versi cabriolet, A207 yang merupakan E-Class generasi keempat versi cabriolet.

X: SUV/Shooting Brake

Mercedes-Benz W253
Mercedes-Benz X117

Huruf X pada kode sasis Mercedes-Benz menandakan bahwa mobil tersebut adalah sebuah SUV. Tak hanya itu untuk beberapa model seperti CLA dan CLS versi shooting brake juga diawali dengan kode sasis berhuruf X.

Sebagai contoh, X218 untuk CLS Class Shooting Brake, X253 untuk GLC-Class dan lain-lain.

V: Limousine

 

Model Mercedes-Benz dengan kode sasis V bisa dikatakan adalah model yang spesial. Dimensinya jauh lebih panjang ketimbang model regulernya.

VF: Pullman

 

Kode sasis ini biasa digunakan pada mobil kepresidenan. Sebagai contoh VF140 dan VF221

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com