Melihat Spesifikasi Toyota Raize dan Urban Cruiser. Lebih Hebat Yang Mana?

Melihat Spesifikasi Toyota Raize dan Urban Cruiser. Lebih Hebat Yang Mana?

Toyota masih memiliki dua Sport Utility Vehicle berdimensi kompak yang menawarkan desain menarik serta fitur modern. Keduanya diharapkan dapat dijual dengan harga terjangkau dan menyasar pada pasar kaum muda.

Sebut saja kedua SUV tersebut ialah Urban Cruiser dan Raize. Nama pertama, kehadirannya sempat dibantah Public Relation PT Toyota Astra Motor Dimas Aska beberapa waktu lalu, pihak Toyota menyebutkan bahwa mobil tersebut hanya akan dijual untuk pasar India, mengingat hasil kerja sama dengan Maruti Suzuki yang memakai basis Vitara Brezza. Berdasar pada penyataan tersebut maka Urban Cruiser terpaksa kita coret dari daftar. 

Namun nama kedua, Raize diperkirakan menjadi senjata utama baru Toyota kelak. Apalagi kembaran Daihatsu Rocky ini dikabarkan akan dibuat di Indonesia.

Kesimpulan saat ini, salah satu mobil ini tidak akan pernah hadir di Indonesia. Namun demikian tak haram bagi kita untuk membandingkan profil keduanya dan menentukan jenis mana yang menurut kita lebih hebat.

Berbicara spesifikasinya, Urban Cruiser yang digadang-gadang sebagai ‘Adik Fortuner’ dibekali mesin K15B 1.500 cc empat silinder bensin racikan Suzuki yang mampu menggulirkan daya 103 ps dan torsi 138 Nm. Sementara Raize bakal dibekali mesin 1.000 cc turbo rakitan Daihatsu yang  mampu menghasilkan tenaga maksimum 98 ps pada 6.000 rpm dan torsi 140,2 Nm pada 2.400-4.000 rpm. Di atas kertas Urban Cruiser punya tenaga lebih besar, namun punya torsi sedikit lebih kecil. Dengan mesin turbo Raize diharapkan akan menghadirkan sensasi mengemudi yang lebih dari SUV sedarahnya itu.

Soal dimensinya, Urban Cruiser hadir dengan panjang 3.930 mm, lebar 1.725 mm, tinggi 1.525 mm dengan wheelbase sepanjang 2.460 mm. Sedangkan dari penemuan kami di Tokyo Motor Show 2019 yang lalu dengan Daihatsu Rocky yang merupakan kembaran Raize, maka bisa dikatakan dimensinya memiliki kesamaan, yaitu tampil dengan panjang 3.995 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.620 mm dengan wheelbase mencapai 2.525 mm. Dari sisi dimensi Raize lebih kompak namun punya wheelbase lebih panjang. Dengan data ini diasumsikan bahwa Raize akan punya pengendaraan yang lebih lembut dibanding Urban Cruiser.

Urban Cruiser sudah terlebih dulu diluncurkan beberapa waktu lalu. Sedangkan kehadiran Toyota Raize sepertinya belum bisa akan berada di 2020 ini. Informasi dari narasumber rahasia kami, SUV ini diperkirakan akan muncul pada akhir  kuartal pertama atau awal kuartal kedua tahun 2021 mendatang.

Simak Video : VIDEO: C-HR Hybrid Tembus 28 KM/Liter

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com