Mazda Roadpacer, Mobil Blasteran Yang Langka

Mazda Roadpacer, Mobil Blasteran Yang Langka

Jika melihat foto yang kami pampang, kami pastikan bahwa apa yang anda lihat ini bukanlah sebuah Holden, melainkan sebuah Mazda. Model ini dikenal sebagai Mazda Roadpacer AP.

Roadpacer AP merupakan sedan fullsize yang dijual Mazda untuk pasar Jepang antara 1975 hingga 1977. Kedekatan bentuk dengan Holden HJ Premier ini tak lain karena mobil ini lahir dari buah kerjasama Mazda dan Holden saat itu.

Walau punya bentuk sama, namun Roadpacer punya mesin yang sama sekali beda. Di dalam enginebay-nya yang luas dibenamkan sebuah mesin rotary 13B Series yang dibuat oleh Mazda.

Mesin Wankel ini mampu menghasilkan daya 130 hp namun hanya mampu memilin torsi di 138 Nm. Dari sisi daya terdengar menjanjikan , namun kurang memuaskan dalam hal torsi lantaran harus mampu membawa beban bodi seberat 1.575 kg.

Saat itu, Mazda menempatkan Roadpacer untuk bersaing dengan sedan papan atas Jepang seperti Toyota Century, Nissan Presiden, Isuzu Stateman DeVille dan juga Mitsubishi Debonair.

Dalam pengadaaanya, mobil ini dikirim utuh dari Australia tanpa mesin ke Jepang. Dan baru dijejali dengan mesin rotary di pabrik Mazda.

Dalam hal performa, nampaknya kemampuan mesin rotary tidak pas dengan bobot mobil. Kendati mampu memuntahkan daya dan torsi besar (berdasarkan ukuran saat itu) namun karena harus diraih pada putaran tinggi maka menjadi permasalah tersendiri bagi mobil ini.

Mobil ini dirasakan kurang bertenaga saat berada di putaran bawah dan memiliki konsumsi bahan bakar yang cukup boros yakni 26 liter untuk 100 km.

Selain boros, harga Roadpacer sendiri dinilai cukup mahal, kira-kira dua kali lipat dari Mazda Cosmo dan Luce. Hasilnya mobil ini terpaksa dihentikan produksinya dan sepanjang karirnya hanya terjual 800 unit saja. Tak mengherankan jika saat ini Mazda Roadpacer menjadi salah satu mobil Jepang yang langka.  

Markondez

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com