5 Fitur Mobil Yang Segera Jadi Sejarah

5 Fitur Mobil Yang Segera Jadi Sejarah

Teknologi berkembang dengan pesatnya, demikian pula yang diasup oleh dunia otomotif. Penambahan fitur baru baik itu keselamatan maupun kenyamanan  selalu terjadi dari waktu ke waktu.

Namun kemajuan teknologi pada mobil pula yang memaksa beberapa bagian mobil dengan teknologi lama harus luruh dimakan zaman. Walau saat ini beberapa masih bertahan, namun diperkirakan akan sepenuhnya ditinggalkan kurang dari setengah dekade ke depan.

Berikut lima bagian mobil yang akan segera jadi sejarah.

Markondez

Karburator

Mobil-mobil modern sudah tak lagi mengenal perangkat karburator untuk mengucurkan bahan bakar bensin ke ruang bakar, sebagai gantinya muncul sistem injeksi bahan bakar yang lebih mampu menghadirkan pembakaran lebih sempurna dan presisi. Hasilnya akhirnya kinerja mesin menjadi lebih optimal dan hasil gas buangnya pun jadi lebih bersih.

Saat ini tidak ada mobil baru dengan masih menggunakan karburator yang dijual di Indonesia.

Setali tiga uang dengan mesin bensin, mesin diesel pun mulai berevolusi dari sistem injeksi konvensional menjadi jenis modern dengan teknologi commonrail.

 

Markondez

Regulator kaca

Alat untuk menaik-turunkan kaca jendela dengan cara diengkol, merupakan perangkat kemewahan pada mobil di tahun 40-an. Walau ada beberapa yang masih mempertahankannya, kebanyakan merupakan kendaraan komersial, namun hampir semua kendaraan penumpang telah beralih menggunakan electric power window.

Perangkat yang pertama kali digunakan pada Lincoln sedan pada 1941 silam memberikan kepraktisan dan menjadikan interior nampak lebih rapi  

 

Markondez

Transmisi manual

Jenis transmisi dengan tiga pedal saat ini perlahan tapi pasti mulai ditinggalkan. Hal ini dapat ditengarai dengan semakin besar permintaan penggunaan mobil bertransmisi matik termasuk di Indonesia. Bahkan di Amerika Serikat, menurut National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) hampir 80% mobil Amerika menggunakan jenis transmisi matik.

Kemunculan era mobil hibrid dan EV semakin mengancam populasi transmisi manual. Di mana semua mobil hibrid dan EV sepenuhnya menggunakan model girboks matik.

 

Markondez

Hand rem manual

Walau saat ini masih banyak digunakan, namun lambat lain kehadiran hand rem manual akan benar-benar ditinggalkan. Semakin banyak kendaraan yang saat ini mengunakan electric e-brake atau rem tangan elektrik.

Mungkin lima tahun silam, jenis electric E-brake jadi masih sebatas digunakan pada jenis kendaraan super mewah, namun saat ini mulai merambah penggunaannya pada mobil kelas menengah dan tidak mungkin suatu saat nanti jadi standar semua jenis mobil.

 

Markondez

Kunci

Sejak Cadillac memperkenalkan electric starter yang terhubung dengan anak kunci pada 1912 maka mobil identik dinyalakan dengan menggunakan anak kunci.

Dalam pekembanganya, mobil dilengkapi dengan kunci immobilizer yang tak lain kunci yang dapat berfungsi dengan pengkodean tertentu dan semakin advance dengan kehadian keyless.

Selain lebih nyaman digunakan, keyless juga lebih aman karena melindungi kode akses untuk menyalakan mesin dengan kode yang sangat spesifik.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com