Hyundai Siapkan Teknologi Baru Yang Bikin Kabin Mobil Super Senyap

Hyundai Siapkan Teknologi Baru Yang Bikin Kabin Mobil Super Senyap

Hyundai dan Samsung bekerja sama dalam mengembangkan teknologi terbaru yang diberi nama RANC (Road-noise Active Noise Control). Ini adalah sebuah sistem pada mobil yang tidak hanya dapat mengurangi suara bising dari jalanan, bahkan diklaim bisa membuat kabin super senyap.

Teknologi ini pertama kali digunakan Hyundai GV80 dengan menyematkan velocity sensors, amplifiers, microphonesDigital Signal processor (DSP), dan sistem audio bawaan. Berkat sensor yang disematkan pada suspensi dan sasis, RANC bisa melakukan perhitungan tingkat getaran dari jalan, lalu data tersebut dikirimkan ke DSP.

Seperti dilansir Autoevolution, prosesor tersebut akan melakukan kalkulasi dan menghasilkan gelombang anti-bising yang disebarkan ke seluruh kabin melalui sistem audio. Hasilnya diklaim bisa menetralkan suara bising dari luar.

Menurut tim insinyur yang merancang RANC, suara bising seperti mesin dan jalanan bisa masuk ke dalam kabin dalam waktu 0,009 detik. Oleh karena itu, gelombang anti-bising bisa dihasilkan dalam waktu 0,002 detik saja.

 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com