Daihatsu: Hadirkan Mesin 1.000cc Turbo, Tak Semudah Membalikkan Telapak Tangan

Daihatsu: Hadirkan Mesin 1.000cc Turbo, Tak Semudah Membalikkan Telapak Tangan

Kabar akan kemunculan Daihatsu Rocky semakin santer saja. Mobil yang diperkirakan meluncur di Indonesia pada kuartal pertama 2021 ini besar kemungkinan hanya akan memboyong mesin 3 silinder 1.000 turbo berkode 1KR-VET.

Berbincang tentang mesin ini, sebenarnya bukan hal yang baru, lantaran basik mesin ini sudah terlebih dulu beredar di Indonesia lewat Daihatsu Ayla 1.0 dan Hi-Max yang menyemat mesin 1KR-DE. Sebagai gambaran, mesin Rocky mampu mengail daya 95hp/140 Nm dan mesin Ayla berdaya 64hp/86Nm.

Kendati PT ADM masih bungkam, tentang segala sesuatu hal tentang Rocky, namun berdasar jejak digital yang pernah ditinggalkan. Pada akhir  2019 silam Daihatsu Indonesia pernah melakukan riset dan pengetesan unit Daihatsu Thor yang juga berbekal mesin 1KR-VET. Hal inilah yang menguatkan dugaan akan pengunaannya pada unit Rocky versi lokal pada saatnya nanti, selain spek yang telah dirilis di Jepang.

Lalu apakah Daihatsu cukup mencangkokkan turbo dan semuanya akan terdongkrak kemampuannya? Ternyata tidak demikian.

"Tidak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak hal yang harus kami perhatikan agar mesin turbo ini dapat optimal di daerah seperti Indonesia," terang Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM) saat ditemui dalam suatu kesempatan beberapa waktu silam.

"Perlu diperhatikan pula tentang faktor bahan bakar yang harus mampu mendukung kinerja mesin  dan juga kondisi lainnya," imbuhnya. "Semuanya perlu dikaji mendalam agar benar-benar cocok dan optimal dengan kondisi jalanan di Indonesia sehingga mobil turbo akan mudah diterima di sini," tutupnya.

Daihatsu Turbo, bukanlah hal yang baru bagi Indonesia. Pada pertengahan 80an, pabrikan berlambang D ini pernah menghadirkan varian Charade bermesin turbo.

Simak Video : VIDEO: Ratusan Unit Sigra Siap Jadi Armada Taksi

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com