Supaya Tak Pecah Ban, Ketahui Batas Maksimal dengan Cara ini!

Supaya Tak Pecah Ban, Ketahui Batas Maksimal dengan Cara ini!

Ketika hendak mengganti ban mobil, kita mungkin terbiasa memilih ukuran yang sama dengan ban sebelumnya atau paling tidak mengganti dengan yang diameternya sama. Namun jika Anda cermati, di dinding ban tersebut terdapat beberapa petunjuk yang tertulis dengan huruf dan angka.

Kode tersebut menginformasikan pengguna agar mendapatkan ban yang sesuai untuk digunakan pada mobil yang sedang kita gunakan.

 

Contohnya terlihat pada gambar di atas, di mana tertulis 195/65 R15 91H yang berarti lebar ban 195, tinggi ban 65, kemudian R berarti Ring atau diameter, 15 berarti ukuran Ring, 91 artinya beban maksimal dan H berarti maksimum kecepatan 210 km/jam.

Adapun jika Anda menemukan huruf S setelah angka 91, berarti ban tersebut aman dipacu hingga batas kecepatan 180 km/jam, kemudian huruf T berarti maksimal 190 km/jam, U artinya maksimal kecepatan 200/jam, V berarti 240 km/jam, Z berarti lebih dari 240 km/jam, W memilkiki arti aman menembus kecepatan 270 km/jam dan Y mampu digunakan hingga 300 km/jam.

"Melihat dan mencermati tulisan di ban yang Anda gunakan akan membuat semakin percaya diri dan tentunya lebih aman. Karena Anda jadi mengetahui batas maksimal keamanan ban Anda," ucap Deky selaku Marketing gerai 1 Station.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com