Mesin Rotary Mazda Bakal Digunakan Kembali

Mesin Rotary Mazda Bakal Digunakan Kembali

Mesin Rotary identik dengan merek Mazda. Jenis dapur pacu satu ini melekat pada model legendaris Mazda, seperti RX-7 dan RX-8.

Mesin ini memiliki konfigurasi yang berbeda dengan mesin pembakaran pada umumnya. Jantung pacu ini tidak menggunakan struktur kruk as, piston dan lain-lain melainkan menggunakan sebuah rotor untuk memutarkan tenaga.

 

Lantas, tahukah Anda bahwa mesin rotary bakal dilahirkan kembali oleh Mazda ke depannya? Besar kemungkinan mesin bakal dipakai oleh model konsep terbaru mereka, Mazda MX-30.

“Ya, besar kemungkinan MX-30 bakal menggunakan mesin rotary,” papar Hidetoshi Kudo selaku Executive Officer In Charge of R&D Administration, Product Strategy and Technical Mazda Motor Corporation ketika diwawancarai di Tokyo, Jepang (24/10).

Mesin ini dipilih karena dimensinya yang kompak. “Pilihannya hanya dua mesin. Mesin Rotary atau 2 tak. Tetapi kami lebih pilih mesi  Rotary karena kami telah merancang mesin tersebut cukup lama,” ujarnya.

Namun, mesin ini bukan digunakan untuk penggerak utama mobil tersebut. Jantung pacu Rotary ini digunakan untuk reange extender. Sedangkan penggerak utama mobil ini mengandalkan motor listrik bertenaga 35,5 kWh.

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com