"Mesin Panther" Sudah Euro 4 dan Common Rail, Tapi...

"Mesin Panther" Sudah Euro 4 dan Common Rail, Tapi...

Salah satu keistimewaan dari sosok Isuzu Traga versi ekspor Filipina atau di sana disebut Traviz ada pada mesinnya.

Tipe mesin Isuzu Traviz mengambil basis mesin yang sama dengan Traga dan Panther yakni 4JA-1 Turbo Diesel. Hanya saja mesin Travis sudah punya standar emisi Euro 4. Sedangkan versi lokal hanya gunakan standar Euro 2. 

Untuk bisa lolos standar Euro 4, Isuzu memasangkan sistem commonrail pada mesin lawas tersebut serta melakukan penyesuaian lainnya untuk mendukung standar emisi itu. Jadi "mesin Panther" itu sebenarnya sudah mengusung standar emisi Euro 4 tapi bukan untuk pasar Indonesia.

Mesin Traga versi Filipina dibuat di Karawang

Foto: markondez

 

"Kami upgrade mesin bawaan Traga dengan commonrail sehingga hasilkan emisi yang sesuai dengan ketentuan Euro 4," terang Rodko Purba, Division Head Technical & Plant PT Isuzu Astra Motor Indonesia saat ditemui di Karawang, Kamis (12/12). 

Rodko pun membenarkan bahwa saat Indonesia masuki era Euro 4 mesin Travizlah yang akan dijejalkan dalam engine bay Traga.

Namun tentu akan ada beberapa penyesuaian agar bisa diasup dengan biosolar B30. 

"Kurang lebih langkah yang sama dengan yang dilakukan pada unit mu-X dengan menambahkan filter solar dan improvement pada injektornya" tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com