Jangan Lupa, Anda Punya SWDKLLJ

Jangan Lupa, Anda Punya SWDKLLJ

Kita tidak pernah tahu kapan bahaya datang, dan kita juga tidak pernah bisa memprediksi datangnya kecelakaan. Oleh karena itu, untuk memproteksi diri dengan beragam bahaya yang mengancam, banyak orang dan kendaraan yang sudah diasuransikan, agar jika terjadi hal yang tidak diinginkan tidak memberatkan korban.

Namun demikian, untuk Anda yang bahkan tidak terlindungi oleh BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan sebenarnya sudah otomatis tercover garansi Jasa Raharja, saratnya selama Anda membayar pajak mobil pribadi. Di dalam STNK, Anda bisa melihat pajak kendaraan tersebut sudah termasuk biaya SWDKLLJ yang artinya Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas.

 

Besaran biaya yang dibayarkan pun beragam tergantung tipe kendaraan. Sebagai contoh, untuk kendaraan jenis Sedan, Station Wagon, Jip, Minibus akan dikenakan biaya sebesar Rp 143 ribu.

Dengan membayar SWDKLLJ maka otomatis Anda sudah mendapatkan perlindungan asuransi bila terjadi kecelakaan di jalan raya.

Adapun besarnya santunan yang akan diberikan oleh pihak Jasa Raharja berdasarkan Ketetapan Menteri Keuangan RI Nomor 15 dan 16/PMK.10/2017 tanggal 13 Februari 2017. Meninggal dunia (ahli waris) mendapat Rp 50 juta, cacat tetap Rp 50 juta, biaya perawatan luka-luka maksimal Rp 20 juta, biaya P3K Rp 1 juta, penggantian biaya ambulans Rp 500 ribu, biaya penguburan Rp 4 juta.

Dengan begitu, Anda perlu mencermati SWDKLLJ yang ada di STNK kendaraan Anda. Jangan sampai Anda tidak membayar pajak kendaraan tersebut, karena sama saja tidak membayar asuransi keselamatan Anda di jalan.


 

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com