Dishub DKI Jakarta Wajib Stiker Reflektor Untuk Tekan Kecelakaan

Dishub DKI Jakarta Wajib Stiker Reflektor Untuk Tekan Kecelakaan

Menyetir di malam hari merupakan handicap tersendiri. Keterbatasan cahaya menyebabkan keterbatasan dalam hal visibilitas, baik itu kendaraan bergerak atau kendaraan diam yang di areal yang minim cahaya.

Kondisi ini sering kali ditemui pada kendaraan panjang seperti truk ataupun bus.

Salah satu cara yang efektif adalah menjadikan obyek kendaraan tersebut lebih terlihat oleh pengendara lain. Cara yang cukup sederhana adalah dengan menempelkan sesuatu yang akan memantulkan cahaya apabila terkena sinar lampu.

Foto: Jason

 

Dalam hal ini Dinas Perhubungan DKI Jakarta mewajibkan beberapa kendaraan dengan kriteria panjang tertentu seperti truk, bus ataupun kendaraan lainnya dengan memasangkan stiker reflektor atau alat pemantul cahaya tambahan (APCT)

Seperti dilansir di laman Instagram Departemen Perhubungan DKI Jakarta (@dihubdkijakarta) pemasangan peranti ini berdasarkan Permenhub no PM 33 tahun 2018 tentang pengujian tipe kendaraan bermotor dan sifatnya wajib dilakukan.

Berdasarkan beberapa sumber, pemasangan stiker ini terbukti cukup sukses menekan terjadinya kecelakaan di malam hari. Beberapa negara, sebagai contoh India, pemasangan stiker pada kendaraan besar,kendaraan umum ataupun kendaraan dengan dimensi besar telah menjadi mandatori.

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com