Corolla Altis Generasi Baru Meluncur, Kini Pakai Hybrid

Corolla Altis Generasi Baru Meluncur, Kini Pakai Hybrid

Toyota resmi menghadirkan model terbaru untuk Corolla Altis di Indonesia. All New Toyota Corolla Altis yang diperkenalkan di Jakarta, Kamis (12/9), ini merupakan generasi baru. Maka ia hadir dengan cukup banyak ubahan terutama dari sisi teknologi dan mesin. Melanjutkan 'misi' elektrifikasi Toyota, Altis generasi terbaru ini kini ditawarkan dengan opsi mesin hybrid. 

"Ada empat pengembangan untuk Corolla ini mulai dari styling, driving perfomance, safety dan elektrifikasi," ujar Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy merangkum keistimewaan mobil sedan teranyar Toyota ini.

Foto: Alfons

 

Embel-embel 'all new' pada nama produk sendiri merujuk pada banyaknya ubahan dan teknologi baru yang ada pada model terbaru Toyota Corolla. Di antaranya adalah penggunaan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) dan sisipan fitur keselamatan Toyota Safety Sense (TSS).  Namun kelengkapan TSS ini hanya ada di model hybrid saja.

Selain itu penambahan pilihan mesin hybrid juga membuat mobil ini menjadi Corolla pertama yang punya jantung penggerak ganda. Mesin yang dipakai pada Corolla Altis ini telah menggunakan teknologi hybrid generasi keempat, terbaru. Mesin dengan kode 2ZR-FXE ini dipadukan dengan motor listrik P610 transaxle dan menghasilkan tenaga 95 ps plus 72 ps serta torsi 141,9 plus 157 Nm (mesin ditambah motor listrik).

Selain hybrid, ada varian G dan V yang ditawarkan untuk pasar Indonesia, yang menggunakan mesin konvensional alias berbahan bakar 1.800 cc 4 silinder dengan kode 2ZR-FE, sama dengan model sebelumnya. Didukung dengan transmisi CVT, mesin ini mampu menghasilkan tenaga 140 ps serta torsi 171 Nm. 

Foto: Alfons

 

Bicara soal fitur keselamatan tambahan, TSS sendiri mencakup beberapa fungsi baru untuk menunjang tingkat keselamatan sedan kompak satu ini. Fitur yang termasuk dalam TSS yakni Pre-Collison System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA), dan Automatic High Beam (ABH). TSS ini seolah jawaban Toyota sebagai adanya tantangan dari Honda yang mempersenjatai Accord generasi terbaru dengan fitur keselamatan sejenis dengan nama Honda Sensing.

Sementara itu untuk sisi ekstrior ubahan dapat dilihat pada tampilan mukanya, tampak dua buah lampu yang berukuran minimalis bersanding dengan bumper agresif dengan grill berukuran besar. Sementara bagian belakangnya tampak Corolla Altis versi terbaru ini memiliki siluet yang serupa dengan Camry serta bentuk bumper yang Sporty. 

Untuk interior, Corolla Altis tampil begitu futuristik. Hal tersebut berkat penggunaan headunit ‘floating’, pengaturan AC digital di bawahnya, serta layar instrumen yang terbagi menjadi tiga bagian.

Foto: Alfons

 

Toyota menawarkan Corolla Altis generasi terbaru ini dengan banderol mulai dari Rp 468,2 juta. Berikut detail harganya:

All new Toyota Corolla G A/T Rp 468,2 juta
All new Toyota Corolla V CVT Rp 489,3 juta
All new Toyota Corolla Hybrid Rp 566,3 juta

Sebelumnya All New Toyota Corolla Altis sudah diperkenalkan di dua negara tetangga di Asia Tenggara, yakni Thailand dan Filipina. Ini merupakan generasi Corolla ke-12 sejak diperkenalkan pertama kali di tahun 1966. Selama lebih dari setengah abad masa hidupnya, Corolla sendiri sudah dijual lebih dari 47,6 juta unit di seluruh dunia.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com