Airbag Ada Kadaluarsanya!

Airbag Ada Kadaluarsanya!

Apakah airbag dibuat tanpa batas umur? Sampai batas mana perangkat ini bekerja dapat bekerja dengan baik?

Menurut The Detroit Bureau (TDB), airbag ada umur pakainya alias ada kadaluarsanya. Hanya saja panjang pendek umurnya sangat tergantung dengan sistem yang digunakan pada perangkat itu.

Hampir semua airbag menggunakan inflator kimia yang menggunakan ammonium nitrat. Gas inilah yang akan mengembangkan kantong udara saat dipicu oleh inflator.

 

Hanya saja seiring waktu amonium nitrat akan alami kerusakan, terlebih di daerah beriklim panas dan lembab seperti Indonesia. Sedangkan di daerah beriklim kering lebih diuntungkan karena tingkat kerusakannya lebih lambat.

Pada tahun ke 10, inflantor dengan anomium nitrat mengalami kegagalan hingga 50%. Menurut penelitian National Highway Transport Safety Administration (NHTSA), airbag yang sudah cacat tersebut akan alami beberapa hal di antaranya adalah airbag lambat mengembang atau tidak mengembang sama sekali.

Walau kadarluarsa, namun keberadaan fitur ini masih jauh lebih baik dari pada mobil yang sama sekali tidak dilengkapi airbag.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com