8 Fakta yang Harus Anda Ketahui Dari Yaris Generasi Terbaru

8 Fakta yang Harus Anda Ketahui Dari Yaris Generasi Terbaru

Yaris generasi terbaru sudah resmi debut dunia pada Rabu, 16 Oktober 2019 kemarin. Musuh bebuyutan Honda Jazz tersebut mendapat seabreg perubahan signifikan. Loncatan teknologi dari generasi sebelumnya terbilang cukup jauh.

Mulai dari penggunaan platform baru yang tercatat sebagai perdana digunakan Toyota, mesin baru, hingga fitur canggih dalam hal keselamatan dan kenyamanan menghiasi Yaris yang belum dijual ini.

 

Apa saja yang baru dan harus Anda ketahui dari Yaris model baru ini? Simak 8 fakta menarik dari hatchback generasi baru tersebut yang kami himpun dari berbagai sumber.

1. Generasi keempat
Generasi pertama Yaris debut pertamakali pada medio 1999 sebagai pengganti Toyota Starlet. Dengan diperkenalkannya model baru ini maka ia masuk generasi keempat.

2. Pakai Platform baru Toyota
Yaris generasi keempat menggunakan platform baru bernama TNGA-B. Singkatan tersebut artinya adalah Toyota New Global Architecture for a compact model (segmen B). Sejumlah model yang menganut TNGA antara lain Camry dan C-HR. TNGA-B benar-benar baru dihadirkan Toyota pada Yaris ini.

 

3. Pakai head up display
Fitur ini pertama kali digunakan pada kompetitornya, Mazda 2. Pada Yaris generasi terbaru ini head up display akan menyajikan informasi kecepatan, posisi gear dan beberapa info penting lainnya.

4. Bobotnya lebih ringan
Berkat penggunaan paltform TNGA-B, Yaris generasi keempat disebut lebih ringan hingga 50 kg dibanding generasi sebelumnya yang ada di Jepang. Toyota juga mengklaim bahwa rigiditas torsionalnya kini lebih baik sampai 30 persen.

 

5. Bisa parkir sendiri
Satu fitur mutakhir yang ada pada Yaris model baru ini adalah hadirnya Advanced Park. Fitur pintar ini akan suport manuver parkir otomatis, pengemudi hanya perlu mengoperasikan pemilihan transmisi saja untuk memerintahkan Yaris-nya parkir sendiri. Advanced Park akan mengambil alih kemudi, gas dan rem untuk parkir hingga pas di lokasinya.

6. Total 12 tipe
Yaris kini hadir dalam tiga trim level untuk masing-masing tipe mesin. Hatchback generasi terbaru ini tersedia dalam opsi mesin 1.000 cc, 1.500 cc dan 1.500 cc hybrid. Tipe yang tersedia adalah 1.0 X CVT, 1.0 M Package CVT, 1.0 G CVT, 1.5 X MT, 1.5 X CVT, 1.5 G MT, 1.5 G CVT, 1.5 Z MT, 1.5 Z CVT, 1.5 Hybrid X CVT, 1.5 Hybrid G CVT dan 1.5 Hybrid Z CVT. 

 

7. Pertama kali pakai nama "Yaris"
Sejak debutnya di Jepang pada 1999, Toyota tak pakai nama "Yaris", melainkan "Vitz". Toyota hanya melabeli "Yaris" untuk versi ekspornya saja. Nah, sebagai informasi, sejak generasi ketiga ada perbedaan mendasar pada Yaris yang ada di Indonesia dan Jepang. Keduanya mengusung wujud yang benar-benar berbeda. Barulah pada generasi keempat ini Jepang menamainya "Yaris".

8. Baru dijual tahun depan
Yaris ini baru akan dipasarkan di Jepang pada Februari 2020 mendatang. Itulah yang membuat media internasional menyebutnya sebagai "Yaris 2020". Semoga saja Yaris 2020 tampil di arena Tokyo Motor Show 2019 pekan depan dan bisa kami laporkan secara langsung pada Anda.
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com