Sambutlah BMW M760Li Bermesin V12 Dari Rolls-Royce

Penulis: Hariawan Arif
Senin, 7 Maret 2016 10:00 WIB
Berita - Sambutlah BMW M760Li Bermesin V12 Dari Rolls-Royce
Bagikan ke:
BMW baru saja memperkenalkan varian terkencang Seri-7 yaitu M760Li. Tak tanggung-tanggung, mesinnya memakai V12 dari Rolls-Royce.

BMW baru saja memperkenalkan sebuah varian terhebat di jajaran sedannya yaitu M760Li. Sebuah Seri-7 terkencang dan termewah yang akan dikedepankan untuk melawan Meredes-Maybach S600. Seperti dikutip dari Auto Express, sedan super premium ini diperkenalkan resmi di Geneva Motor Show bulan ini.

 

Foto - Sambutlah BMW M760Li Bermesin V12 Dari Rolls-Royce
M760Li tetap lebih pendek daripada Maybach

 

Walaupun BMW menggunakan basis yang bersasis panjang, tapi tetap saja mobil ini masih lebih pendek 215 mm daripada Mercedes-Maybach. Untung ini tidak membuat BMW gentar untuk melawannya, karena mesinnya tetap lebih bertenaga dibanding Maybach.

Mesin 6.600 cc turbo berkonfigurasi V12 di balik kapnya menghasilkan tenaga sebesar 600 dk dan torsi 800 Nm. Ini di atas Maybach yang 'hanya' 6.000 cc V12 turbo dengan tenaga sebesar 525 dk. Untuk transmisinya, BMW menggunakan ZF otomatis 8 percepatan yang sudah diprogram khusus oleh M Performance kemudian dialirkan terus menuju keempat rodanya alias all wheel drive.

 

Foto - Sambutlah BMW M760Li Bermesin V12 Dari Rolls-Royce
Mesin V12 Rolls-Royce yang dikurangi tenaganya

 

Mesin yang diusung oleh M760Li ini adalah mesin dari Rolls Royce Ghost dan Wraith yang sedikit ‘dikurangi’ tenaganya. Pengurangan tenaga ini tetap saja membuat BMW ini mampu melaju 0-100 km/jam hanya dalam waktu 3,7 detik saja. Ini salah satunya disebabkan oleh all wheel drive yang memaksimalkan traksi saat start. Akselerasi ini juga artinya lebih cepat dari jajaran BMW M sekalipun. 

BMW sendiri kelihatannya akan bertahan tak membuat M7. Mereka beranggapan Seri-7 tak cocok dijadikan salah satu jajaran M murni. Bahkan ini pula pertama kali Seri-7 masuk jajaran M Performance. Sebagai info, M Performance adalah produk BMW yang bertenaga seperti M, namun dengan trim kemewahan dan kenyamanan seperti varian normalnya. "Terus terang kami juga kaget dengan performa M760Li," ucap bos divisi M BMW Frank van Meel. "Performanya seperti M murni, tapi tentu dengan kenyamanan tak terkorbankan."

 

Foto - Sambutlah BMW M760Li Bermesin V12 Dari Rolls-Royce

 

Agar tampilan luarnya berbeda dengan varian Seri-7 lainnya, bumper depan belakang memiliki desain lebih agresif. Desain ini juga dirancang agar memberikan aerodinamis yang lebih baik pula. Sistem pengereman juga ditingkatkan kemampuannya agar bisa mengontrol dan memberikan tingkat keamanan lebih baik.

 

#bmw #seri-7 #m-performance

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.