Penjualan X-Trail dan CR-V Tergerus Pajero Sport Dan Fortuner

Penjualan X-Trail dan CR-V Tergerus Pajero Sport Dan Fortuner

Penjualan SUV ladder frame seperti Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport menggerus pasar SUV medium macam Nissan X-Trail dan Honda CR-V. 

Menurut data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) selama Januari hingga Mei 2016, tercatat Fortuner terjual sebanyak 9.992 unit. Itu menandakan peningkatan 211% dari periode sama di 2015. Sedangkan Pajero Sport mencatatkan penjualan sebanyak 8.640 unit atau meningkat hingga 230% dari periode yang sama.

Berbeda dengan Nissan X-Trail yang mengalami penurunan yang sangat signifikan hingga 72%. Sedangkan Honda CR-V juga mengalami penurunan hingga 36% pada periode yang sama.

Pihak Nissan Motor Indonesia mengakui, Nissan memang belum memiliki produk SUV ladder frame yang memiliki model sekelas Fortuner atau Pajero Sport. “Banyak orang pindah ke sana, sayangnya kami belum punya produk untuk segmen itu,” ucap Antonio Zara selaku Presiden Direktur Nissan Motor Indonesia.

Namun ternyata pihak Nissan tidak mau berdiam diri, ia sedikit mengisyaratkan Nissan akan menyiapkan untuk ikut masuk dalam pertarungan di segmen itu. Tapi sayangnya Antonio masih enggan untuk menjelaskan lebih jauh soal ini.

Reka gambar SUV berbasis Navara dari Theophilus Chin

Seperti yang sudah pernah kami beritakan sebelumnya, Nissan sedang mengembangkan sebuah SUV yang diambil basisnya dari pikap double cabin Navara NP 300 dan mereka sudah melakukan pengetesan di jalanan dengan ditutupi kamuflase. Pasti persaingan akan makin menarik di pasar SUV ladder frame.

Kalau boleh jujur, sebenarnya kesan berkendara sebuah SUV bersasis terpisah seperti ini tak akan seasyik mengendarai SUV monokok seperti X-Trail atau CR-V. Tapi di lain sisi ia memiliki akomodasi lebih lega serta ketangguhan di segala medan lebih baik. Itulah kenapa mobil jenis ini sangat populer saat ini di Indonesia.

Nissan NP300 Navara SUV

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com