Mazda Malaysia Siap Masukkan Diesel SkyActiv. Indonesia Kapan?

Mazda Malaysia Siap Masukkan Diesel SkyActiv. Indonesia Kapan?

Mazda Malaysia dalam waktu dekat dipastikan menghadirkan mesin diesel SkyActiv untuk beberapa modelnya yang sudah eksis. 

Seperti yang terlihat di akun Facebook resmi Bermaz Motor yang merupakan dealer lokal Mazda di Malaysia, ada sebuah postingan teaser memaparkan bahwa tak lama lagi mesin diesel SkyActiv-D akan hadir di negeri Jiran itu. Walau belum ada kepastian mengenai model apa yang akan dipakaikan diesel, tapi kemungkinan itu berlaku untuk model CX-3, CX-5 dan Mazda6.

Beberapa media lokal di sana menyebut yang paling besar kemungkinannya dipakaikan mesin diesel adalah CX-5. Apalagi disebutkan juga bahwa Mazda Malaysia tahun lalu sempat akan merakit compact SUV itu di Inokom Kulim plant, Malaysia untuk diekspor juga ke Thailand.

Mazda CX-5 bermesin SkyActiv-D itu berkapasitas 2.200 cc dengan twin-turbo. Dapur pacu berkonfigurasi empat silinder segaris itu dikawinkan dengan transmisi otomatik enam percepatan. Untuk pasar Thailand, CX-5 peminum solar itu bertenaga 173 dk dengan torsi 420 Nm. Torsi itu jauh di atas versi bensin.

Prediksinya, setelah memasukkan diesel di CX-5, baru Mazda Malaysia akan melengkapi model lainnya dengan mesin tersebut. Bahkan untuk Mazda6 bermesin diesel mungkin akan didatangkan utuh alias CBU langsung dari Jepang.

Bagaimana dengan Indonesia sendiri? Kami pernah berbincang dengan Product Manager PT Mazda Motor Indonesia, Bonar Pakpahan, mengenai mesin diesel canggih Mazda itu beberapa bulan lalu. "Saya sudah pernah mencobanya sendiri di Jepang dan tenaganya luar biasa, begitu pula dengan kehematannya. Sayang mesin itu menuntut bahan bakar kualitas tinggi yang belum tersedia di Indonesia." Mesin SkyActiv-D Mazda sendiri memenuhi standar emisi lebih tinggi dari sekadar Euro3, sehingga dibutuhkan bahan bakar lebih baik.

Artinya, selama belum ada produsen bahan bakar yang berani menjual diesel Euro4 ke atas di Indonesia, bisa dikatakan mustahil Mazda memasukkan mesin diesel SkyActiv ke pasar kita.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com