Mercedes-AMG E 63 Resmi Diperkenalkan, Akselerasi Kini Setara Supercar

Mercedes-AMG E 63 Resmi Diperkenalkan, Akselerasi Kini Setara Supercar

Setelah banyak foto-foto dan pemberitaan tentang mobil ini, akhirnya Mercedes-AMG E 63 telah resmi diperkenalkan. Divisi mobil berperforma tinggi Mercy ini menyampaikan bahwa E 63 hadir dengan dua varian, yaitu E 63 4MATIC+ dan E 63 S 4MATIC+. 

Sementara peluncuran resminya akan dilakukan pabrikan asal Jerman inu pada 16 November 2016 mendatang di Los Angeles Auto Show, Amerika Serikat. Dan baru mulai dijual ke pasaran  pada Maret 2017.

 

E 63 W213

 

Kedua varian tersebut sebenarnya menggendong mesin yang sama seperti AMG GT S berkode M178, berkapasitas 4.000 cc V8 twin-turbo. Mesin ini terasa mungil dibanding generasi sebelumnya yang 5.500 cc V8. Tapi sementara pendahulunya menghasilkan tenaga 557 dk dan torsi 720 Nm, mesin baru ini mampu menghasilkan lebih.

Untuk tipe E 63 4MATIC+ bisa meletupkan tenaga 563 dk dan torsi 750 Nm sehingga mampu melesat 0-100 km/jam dalam waktu 3,5 detik. Sedangkan E 63 S 4MATIC+ bertenaga 603 dk dengan torsi 850 Nm, yang mampu melaju dari  0 ke 100 km/jam dalam 3,4 detik saja.

Angka itu sudah setara dengan supercar sejati. Tapi memang hebatnya angka akselerasi dari berhenti itu disebabkan pula oleh penggerak 4 roda yang dipakainya. Alhasil tenaga monster dari mesinnya bisa melesatkan mobil dengan traksi dari seluruh roda. 

 

E 63  generasi ini menggendong mesin yang sama seperti AMG GT S

Jika E 63 sebelumnya menggunakan transmisi Speedshift MCT 7 percepatan, kini kedua varian baru tersebut menggunakan unit transmisi baru, yaitu AMG Speedshift MCT 9 percepatan. Dari transmisi inilah tenaganya dibagi keempat roda dengan sistem AWD bernama 4MATIC+.

Khusus untuk tipe E 63 S 4MATIC+ ada mode berkendara Drift Mode yang menyatu pada mode berkendara ‘Race’. Sebenarnya ada beberapa mode berkendara dalam AMG Dynamic Select drive programme yaitu Comfort, Sport, Sport Plus, Individual dan Race.

Suspensi racikan AMG juga melengkapi mobil ini. Uniknya Mercedes-AMG malah menggunakan sistem suspensi udara pada mobil bertenaga besar ini. Karena yang kita tahu biasanya suspensi udara hadir pada mobil yang mengutamakan kenyamanan. Untuk fitur-fitur kemewahannya dari E 63 ini tidak perlu ditanyakan lagi. Sistem audio Burmester dan jam analog dari merek mewah IWC hadir menghiasi interiornya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com