Mazda G-Vectoring Control, Makin Fun Tanpa Anda Sadari

Mazda sedang mengembangkan sebuah teknologi yang akan menjadi bagian dari SkyActive –Vehicle Dynamics. Sistem ini menambah keasyikan mengemudi tanpa Anda menyadarinya.
Penulis: Hariawan Arif
Senin, 18 Juli 2016 09:00 WIB
Berita - Mazda G-Vectoring Control, Makin Fun Tanpa Anda Sadari
Bagikan ke:

Mazda sedang mengembangkan sebuah teknologi yang akan menjadi bagian dari SkyActive –Vehicle Dynamics. Teknologi ini berhubungan dengan pergerakan dan pengendalian mobil.

Mazda sedang mengembangkan sebuah teknologi yang akan menjadi bagian dari SkyActive –Vehicle Dynamics. Sistem ini menambah keasyikan mengemudi tanpa Anda menyadarinya.

Teknologi terbaru itu adalah G-Vectoring Control (GVC) yamng mampu mengontrol torsi mesin dari berdasarkan informasi yang didapat dari pergerakan setir. Sistem ini bekerja sangat halus hingga Anda tak bisa mendeteksinya sedang bekerja. Berbeda dengan stability control atau ABS yang dapat terasa oleh indera kita.

Sistem ini menerjemahkan keinginan sang pengemudi berdasarkan informasi yang didapat dari pengemudi via setir. Sistem ini akan menghitung algoritma lateral dan longitudinal dari pergerakan dan gaya gravitasi saat mobil berakselerasi atau bermanuver. Lantas ia akan mengatur torsi mesin untuk memindahkan titik berat kendaraan. Mengurangi torsi akan memindahkan titik berat ke depan untuk menambah daya cengkeram ban depan, begitu pula sebaliknya.

Sistem ini akhirnya mampu memberikan optimalisasi bobot pada keempat bannya sehingga mobil bisa terus asyik dikendalikan tanpa banyak koreksi setir dari sang pengemudi. Sistem ini akan menambah daya belok mobil dengan sudut setir lebih sedikit. Mazda juga mengklaim ia bakal sangat efektif di medan licin seperti salju. Sedangkan di jalan aspal tak akan bisa terdeteksi secara gamblang.

Lantas mengapa Mazda mengeluarkan uang banyak merancang sistem yang begitu halusnya hingga tak terdeteksi sedang bekerja? "Bagian finance pabrikan mobil pasti tak akan setuju jika insinyur membuat suatu teknologi yang sulit dirasakan gamblang penggunanya. Tapi sudut pandang kami berbeda. Justru hal-hal halus seperti ini yang akan memperbaiki feeling mengemudi. Tak jelas terasa, namun membuat pengendaraan Mazda semakin menyatu dan mengasyikkan," jelas Kelvin Hiraishi, bos R&D Mazda.

GV

Foto - Mazda G-Vectoring Control, Makin Fun Tanpa Anda Sadari
Mazda G-Vectoring Control (GVC)

C rencananya akan akan diaplikasikan pertama kali pada Mazda3 terbaru yang sebentar lagi akan diperkenalkan di Jepang. Kemudian GVC juga akan hadir nantinya di Mazda6 di Amerika Serikat.

#mazda

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.