Hyundai Buat Mobil 2.000 CC Bertenaga 300 PS

Hyundai Motor Company baru saja menampilkan sebuah mobil berkode RM16 yang merupakan hasil dari Project Racing Midship (RM). Mesin 2.000 cc-nya mampu menyembur 300 PS.
Penulis: Hariawan Arif
Senin, 6 Juni 2016 14:00 WIB
Berita - Hyundai Buat Mobil 2.000 CC Bertenaga 300 PS
Bagikan ke:

Hyundai Motor Company baru saja menampilkan sebuah mobil berkode RM16 yang merupakan hasil dari Project Racing Midship (RM). Mobil ini diperkenalkan pada ajang Busan International Motor Show 2016 yang diadakan dari tanggal 2-12 Juni 2016 di BEXCO Auditorium di Busan, Korea Selatan.

Project RM ini dimulai dari tahun 2012 dengan misi menghasilkan sebuah kendaraan berteknologi tinggi dan memiliki performa mesin yg canggih, yang akan memegang peranan penting dalam R&D untuk kendaraan high performance dari Hyundai Motor, yaitu ‘N’ models.

RM14 adalah mobil pertama yang diciptakan pada tahun 2014 di Busan International Motor Show. Pada tahun 2015, lahirlah RM15 sebagai RM14 yang dikembangkan dan disempurnakan. RM15 diperkenalkan pada tahun 2015 di Seoul Motor Show. RM16 kini lebih bisa merepresentasikan dan mengedepankan pengembangan high performance technology dalam format mid-engine, lightweight, high-performance two-seat concept.

“Teknologi RM ini akan terus berjalan dan berkelanjutan dimasa mendatang karena RM memegang peranan penting sebagai ‘rolling lab’ dari pengembangan ‘N’ models di masa depan yang dedicated sebagai kendaraan yang memiliki high performance technology” ujar Albert Bierman selaku Head of Hyundai Motor Vehicle Test & High Performance Development.

RM16 memiliki desain tampilan depan yang agresif dengan low-extended hood diikuti dengan model lampu depan yang menipis. Untuk mesinnya dipersenjatai dengan mesin berkapsitas 2.000 cc Theta Turbo-GDI engine yang dituning sehingga menghasilkan tenaga 300 PS.

Selain itu untuk memberikan handling yang baik, pembagian bobot kendaraan dibuat menjadi 43% di bagian depan dan 57% di bagian belakang. Pengapliikasian  sasis dan bodi yang terbuat dari aluminium yang berkualitas tinggi namun ringan dilapisi dengan carbon fiber yang diperkuat dengan plastic body panel (Carbon Fiber Reinforced Plastic-CFRP).

Generasi terbaru ini telah mengalami evolusi pada aerodynamika, stabilitas, serta performa mesin dan transmisi. Ada pula teknologi baru juga diterapkan pada RM16 seperti supercharger elektrik, electronic limited slip differential (E-LSD) dan juga automatically controlled rear spoiler.

 

#hyundai #rm16

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.