BMW Seri-1 Sedan Lahir Di Tiongkok

BMW siap melansir Seri-1 Sedan khusus untuk pasar Tiongkok. Apa bedanya dengan Seri-2?
Penulis: Hariawan Arif
Selasa, 6 September 2016 12:00 WIB
Berita - BMW Seri-1 Sedan Lahir Di Tiongkok
Bagikan ke:

Foto yang Anda lihat ini bukanlah Seri-2. Ia merupakan BMW Seri-1 terbaru yang berbentuk sedan. Rencananya pihak BMW akan memperkenalkan pertama kali kepada publik Tiongkok di Guangzhou Auto Show di bulan November mendatang. 

Setelah diperkenalkan, diperkirakan BMW ini akan mulai dipasarkan di sana pada awal tahun 2017. Sayangnya, Seri-1 sedan ini sementara hanya akan dijual khusus untuk pasar Tiongkok saja. 

Foto - BMW Seri-1 Sedan Lahir Di Tiongkok
Tampilan bagian belakang mirip Seri-3

Melihat bentuknya, dari bagian depan wajahnya tidak seperti Seri11 melainkan berwajah milik Seri-2. Seperti kita tahu, Seri-2 adalah versi coupe dari Seri-1.

Memang soal dimensinya tetap berbeda dengan Seri-1 hatchback ataupun Seri-2 Coupe-nya sekalipun. Dengan dimensi 4.456 mm x 1.803 mm x 1.446 mm dan wheelbase 2.670 mm ini benar-benar sama sekali berbeda.

Bakal ada 3 varian mesin yang hadir untuk BMW Seri 1 sedan ini. Pertama 118i bermesin 1.500 cc turbo yang menghasilkan tenaga 136 dk, sama seperti di Active Tourer dan MINI. Sedangkan 120i Luxury bermesin 2.000 cc dengan tenaga 192 dk, serupa mesin MINI Cooper S. Lantas ada 125i Sport bermesin 2.000 cc turbo yang menghasilkan tenaga 231 dk, serupa mesin MINI Cooper JCW.

Boleh dibilang bentuknya cantik, walaupun ini sedan paling kompak BMW. Tapi yang akan membuat kecewa penggemar fanatik BMW adalah penggeraknya. Ia tidak menggunakan arsitektur penggerak belakang seperti Seri-1 atau Seri-2 Coupe, melainkan penggerak depan. Itulah mengapa mesin MINI yang dipakai oleh mobil ini.

Belum diketahui mengapa BMW baru mau menjualnya di Tiongkok saja. Padahal ia bisa saja sukses di belahan dunia lain, melihat harganya yang kemungkinan bisa di bawah Seri-2 apalagi Seri-3.

Kita tunggu saja, siapa tahu BMW berubah pikiran dan menjualnya di mancanegara termasuk Indonesia.

#bmw #seri-1

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.