Aston Martin DB11 Meluncur Di Indonesia. Harga Masih 'Dirahasiakan'

Aston Martin DB11 Meluncur Di Indonesia. Harga Masih 'Dirahasiakan'

Aston Martin Jakarta secara resmi meluncurkan DB11 di Indonesia (24/8). Mobil ini menandai model DB paling bertenaga yang pernah dibuat Aston Martin, sekaligus supercar turbo pertama mereka. 

DB11 memakai mesin 5.200 cc V12 dengan turbo yang menghasilkan tenaga 600 dk serta torsi 700 Nm. Ia juga merupakan mobil paling signifikan yang diluncurkan Aston Martin sejak DB9 di 2003. Seperti kita tahu, DB10 tidak diproduksi massal dan eksklusif untuk film James Bond: Spectre. 

Mobil ini sudah dipesan oleh beberapa konsumen dan pengiriman pertama dilakukan pada kuartal pertama 2017. Namun yang unik, harga mobil ini masih 'dirahasiakan'. Pihak Aston Martin Jakarta masih enggan merilis harga pastinya. "Kami masih hitung semuanya berkenaan dengan pajak dan lainnya," ucap Irmawan Poedjoadi, CEO Aston Martin Jakarta. 

Meskipun dengan turbo kapasitas mesin V12 Aston Martin yang biasanya 6.000 cc menjadi 5.200 cc, namun mobil ini tetap terkena PPNBm tinggi karena tetap di atas 3.000 cc. 

Aston Martin DB11

Namun kepada OtoDriver, Irmawan buka suara. "Anda tahu kan beratnya pajak untuk mobil seperti ini. Kami sedang berusaha membuat mobil ini bisa dijual seharga 1 digit (di bawah Rp 10 miliar)." Irmawan melanjutkan, harga memang akan bervariasi sesuai opsi yang dipilih konsumen. Namun bila menembus batas psikologis Rp 10 miliar, memang akan sangat berat bagi supercar apapun di Indonesia.

Apalagi DB11 tetap masuk kategori supercar, bukan hypercar macam Lamborghini Aventador atau Ferrari F12 yang memang masih cocok dijual di angka belasan miliar rupiah. Lebih lanjut Irmawan menambahkan, harga mobil ini sangat tergantung kurs Rupiah  Jika tak membaik atau malah melemah, maka besar kemungkinan mobil ini akan dibatas Rp 10 miliar.

Kembali ke spek teknis DB11, dari luar mobil ini terlihat jauh lebih modern luar dalam dibanding pendahulunya. Mereka bahkan menggandeng Daimler AG sebagai technical partner.  Tak heran kalau sistem infotainment-nya secanggih merek Jerman. Sebut saja layar sentuh 12 inci dengan pengontrol bulat yang mirip di Mercedes-Benz S-Class. Ia juga sudah dilengkapi dengan kamera parkir 360 derajat. 

Untuk transmisi, mobil ini menggunakan produk ZF 8-speed yang terkenal halus dan sigap. Menyalurkan tenaganya ke roda belakang, Aston Martin DB11 mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam 3,9 detik saja dan top speed mencapai 322 km/jam. 

Nantikan galeri foto mobil ini di OtoDriver. 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com