Pilih Mana, Kijang Innova Baru Atau Lama?

Pilih Mana, Kijang Innova Baru Atau Lama?

Dari hasil kunjungan kami ke beberapa dealer hari ini, ada fakta yang menarik. Selain menawarkan All New Kijang Innova, mereka juga masih memiliki stok Innova lama. Tentunya secara logis ada diskon menarik untuk model lama, tapi nyatanya dealer juga memberi penawaran khusus pada All New Kijang Innova meski belum meluncur. Lebih menarik lagi, penawaran ini hanya berlaku sampai 23 November saat unitnya resmi meluncur.

"Untuk pemesanan All New Kijang Innova hingga 23 November, kami akan berikan servis gratis hingga 50 ribu km atau 4 tahun," ucap seorang sales Auto2000. "Tapi kalau Anda booking setelah peluncuran, tidak ada lagi bonus itu." Berdasarkan pantauan kami, fasilitas normal yang diberikan Toyota adalah jasa servis gratis hingga 50 ribu km atau 4 tahun, tidak termasuk suku cadangnya. Nah, kalau penawaran tadi komplet termasuk suku cadang sesuai dengan panduan buku servis. Ibaratnya Anda tinggal bayar bensin dan tol saja selama tempo tersebut. Namun menurut si sales, promo itu eksklusif di Auto2000, sehingga saat servis mobil pun harus di jaringan Auto2000.

Saat ini banyak dealer telah memiliki unit Kijang Innova terbaru. Anda bisa datang dan mencoba masuk ke dalamnya. Walau begitu, dealer belum berani memberi kepastian harga. Mereka malah menunjuk artikel kami tentang Harga All New Kijang Innova sebagai patokan. "Kalaupun berubah tidak jauh dari situ," ucap sang sales. Untuk melakukan booking, Anda harus memberi uang Rp 5 juta ke dealer. Bila ternyata batal karena tidak cocok, uang dikembalikan 50%. Unitnya sendiri akan dikirim Desember 2015, meski untuk pengurusan STNK membutuhkan waktu paling lambat hingga Januari 2016.

harga innova

Artinya, ini seperti membeli kucing dalam karung. Anda tidak akan memiliki kesempatan test drive hingga peluncurannya tanggal 23 November. Dealer hanya memajang unit tanpa plat nomor itu di tempat parkir dan tak bisa dijalankan. Kecuali mungkin bila Anda kenal dekat dengan orang dealer tersebut. Karena itu memang instruksi dari Toyota untuk tak memberi kesempatan test drive untuk konsumen hingga mobil itu meluncur resmi. Di lain sisi, godaan servis gratis itu memang membuat kita lebih tertarik untuk membooking-nya sebelum peluncuran.

Tapi kalau Anda tidak mau sesuatu yang tidak pasti, ada lagi penawaran istimewa bila Anda mau membeli unit baru Innova generasi sekarang. Walau sudah berhenti diproduksi bulan lalu, masih ada tersisa sejumlah stok. Harganya sendiri dipotong Rp 40 juta dari price list resmi. Artinya untuk tipe sama dengan All New Kijang Innova, unit ini bisa memiliki harga total lebih rendah mencapai Rp 50 juta, bahkan untuk diesel selisihnya bisa mencapai Rp 65 juta.

Secara dimensi, Kijang Innova saat ini dengan generasi barunya tak terpaut jauh. Bahkan wheelbase kedua mobil ini sama persis, yakni 2.750 mm. Namun secara keseluruhan Innova baru lebih panjang 150 mm, artinya akomodasi penumpang dan barang sedikit lega. Kalau Anda penyuka mesin bensin, juga tak ada beda terlalu banyak. Secara basis mesinnya sama persis. Tenaga cuma naik 3 dk dari sebelumnya, meski penggunaan dual VVT-i diyakini bisa membuat mobil ini lebih hemat 5-10% dari sebelumnya.

Ceritanya agak berbeda bila Anda penyuka diesel. Mesin diesel baru di Innova sangat istimewa. Tenaganya naik 47 dk dan torsi melonjak hingga 141 Nm. Tenaga ini akan membuat Innova diesel lama tertinggal jauh saat berakselerasi atau menanjak. Meski dalam segi harga lompatannya juga lumayan jauh untuk tipe diesel ini. Lantas bila Anda penyuka kemewahan, Innova baru ini akan membuat Innova lama terlihat seperti mobil kuno. Selain fitur bertambah, desain dasbor dan interior belakang juga lebih elegan.

Istimewa

Artinya, bila Anda penyuka mesin diesel atau teknologi baru, maka jangan lirik Innova lama. All New Kijang Innova bakal lumayan mengejutkan Anda dengan spek mesin, desain interior serta fitur yang diusungnya. Pesan saja sebelum peluncuran supaya Anda dapat menikmati perawatan gratis tersebut. Apalagi selama beberapa bulan pertama tentu saja ada kebanggaan menaiki model terbaru ini.

Istimewa

Akan tetapi kalau Anda sekadar membutuhkan transportasi sederhana yang cukup lega dan nyaman, maka Innova lama memberi value for money sangat baik dengan diskon besar yang diberikannya. Mobil ini juga reliable dan terbukti memiliki resale value kuat di pasaran. Tapi Anda harus cepat sebelum kehabisan.

Pilih yang mana? Itu terserah Anda sesuai dengan kebutuhan. Yang jelas, keduanya sama-sama memberi penawaran menarik dalam minggu ini.

 

Baca juga:

Fitur Lengkap All New Kijang Innova

VIDEO: Detail All New Kijang Innova

BLM
BLM

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com